Mohon tunggu...
Charles Christian Pratama
Charles Christian Pratama Mohon Tunggu... Akuntan - Ingin mengembangkan diri melalui tulisan

Hanya seseorang yang hobi berselancar di internet.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Virtual Youtuber: Budaya yang Tercipta dari Internet

17 Juli 2022   22:38 Diperbarui: 17 Juli 2022   23:03 145 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Gambar: https://i.imgur.com/QXG3gKw.png)

Dinamika budaya yang terus berkembang dan menyesuaikan dengan zaman membuat suatu budaya dapat terus hidup dan bertahan hingga sekarang. Kita dapat melihat akhir-akhir ini dimana kebudayaan semakin bervariasi dan unik bentuknya, baik yang telah ada dari waktu yang lama, maupun yang baru terbentuk. 

Pada era modern ini, sering dijumpai fenomena-fenomena dimana suatu budaya mendapat ekspos dan antusiasme yang besar oleh sekelompok masyarakat. Fenomena inilah yang biasanya dikenal sebagai budaya populer atau pop culture.

Bila ditanya siapakah yang yang mengambil andil besar dalam proses perkembangan suatu budaya menjadi budaya populer di masa sekarang ini, internetlah jawabannya. 

Bagaimana tidak, internet bekerja layaknya tulang punggung pada masyarakat modern dengan menyediakan ketidakterbatasan akses dalam pertukaran informasi. 

Manfaat internet inilah yang memungkinkan kita sebagai penggunanya untuk dapat mengenal budaya-budaya tanpa terbatas waktu maupun jarak. 

Selain menjembatani akses terhadap budaya, internet juga nyatanya dapat menginisiasi terbentuknya suatu budaya, dan kali ini mari kita kupas salah satu budaya yang tercipta dari internet dalam lingkup hiburan, yaitu Virtual Youtuber.

Virtual Youtuber atau kerap disebut sebagai VTuber merupakan salah satu budaya populer yang mulai meledak sejak tahun 2016 di Jepang. 

Melalui struktur gramatikalnya, kita dapat melihat bahwa istilah ini terdiri dari dua kata, yaitu “Virtual” dan “Youtuber”. Virtual disini merujuk pada suatu bentuk yang bersifat maya atau disimulasikan menggunakan teknologi. 

Sedangkan Youtuber merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada seorang atau sekelompok orang yang melakukan aktivitasnya sebagai pencipta konten video pada platform Youtube. 

Dari kedua pengertian tersebut, kita dapat mengartikan Virtual Youtuber sebagai pembuat konten video di platform Youtube yang menggunakan teknologi dalam merepresentasikan dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan