Mohon tunggu...
Charisa Sheralyne
Charisa Sheralyne Mohon Tunggu... Freelancer - Hi everyone, my name is Charisa.

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Happy Mental Health Day, Pentingnya Kesehatan Mental Diingatkan Lewat Film-film Ini!

12 Oktober 2021   23:05 Diperbarui: 12 Oktober 2021   23:31 107 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Happy Mental Health Day! Belakangan ini sudah banyak orang-orang yang peduli dan berani bicara tentang kesehatan mental di sosial media. 

Bahkan beberapa kampanye yang mengangkat isu kesehatan mental juga sudah mulai banyak bermunculan, dengan harapan dapat membantu banyak orang untuk menjaga kesehatan mentalnya, membantu penyintas, ataupun mencegah orang-orang yang berpotensi untuk larut ke dalam mental illness. 

Sebenarnya juga ada beberapa film yang mengangkat isu kesehatan mental lho, yuk kita lihat film apa saja sih itu.

1. It's Okay Not To Be Okay

Buat kamu penggemar drama Korea, pasti sudah gak asing lagi sama drama yang satu ini. Drama ini mengisahkan tentang seorang penulis terkenal, Ko Moon Young, yang memiliki trauma masa lalu hingga ia memiliki antisocial disorder. Penulis ini juga akhirnya bertemu dengan seorang perawat, Moon Gang Tae, yang hidup dengan kakaknya, Moon Sang Tae, yang berkebutuhan khusus yakni pengidap sindrom autisme. 

Drama ini memberi kita gambaran tentang bagaimana penyintas gangguan mental hidup, dan juga tentang orang-orang yang ada disekitarnya. 

2. Joker

Kamu juga pasti sudah tahu tentang movie ini yang sempat heboh dari tahun 2019 sampai dengan 2020 lalu. Film ini bercerita tentang seorang pria Arthur Fleck, dengan gangguan pseudobulbar affect, yang membuat penderitanya bisa tertawa terbahak-bahak atau menangis secara tiba

Dengan kondisinya yang seperti itu, menjadikan Arthur mendapatkan banyak penolakan, kekerasan, bully, dan berbagai perlakuan buruk lainnya dari orang-orang disekitarnya.

Hingga akhirnya Arthur utama mulai melakukan banyak tindakan yang tidak wajar, karena kondisi kesehatan mentalnya yang semakin buruk.  

3. To The Bone

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan