Kesehatan

Gejala Demam Berdarah serta Pencegahan yang Tepat

9 Januari 2018   18:23 Diperbarui: 9 Januari 2018   18:26 2835 0 0
Gejala Demam Berdarah serta Pencegahan yang Tepat
Gejala Demam Berdarah

Gejala Demam Berdarah - Bagi kita sehat adalah mutlak harganya, sebab kita tahu bahwa bila kita mengalami penyakit yang berbahaya ataupun penyakit yang mengancam kehidupan kita tentu hal ini dapat menyebabkan kita mengeluarkan banyak biaya untuk pengobatannya. yang berakibat kita tidak tenang, karena faktor kesehatan serta faktor keuangan terlebih di tambah faktor kecemasan. maka dari itu penting bagi kita sehat dan perlu waspada akan lingkungan sekitar. Wajib di baca hehe:

Demam berdarahB(DBD) adalah infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk. Hal ini semakin meluas di seluruh dunia dan sering terjadi di berbagai tujuan wisata yang populer di Selandia Baru, termasuk Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik.

 

Sampai 400 juta orang terinfeksi setiap tahun di seluruh dunia, sementara di Selandia Baru ada 125 kasus demam berdarah yang dilaporkan pada tahun 2015, yang semuanya dikontrak di luar negeri.

 

Meski sudah ada lebih dari 200 tahun, demam berdarah belum pernah didapat di Selandia Baru, karena Selandia Baru tidak memiliki beragam nyamuk yang membawa virus. Namun, orang Selandia Baru yang bepergian ke iklim tropis harus sadar akan risiko tertular penyakit yang sebenarnya dan kebutuhan untuk melakukan tindakan pencegahan.

Penularan virus

Demam berdarah tidak bisa dilalui langsung dari satu orang yang terinfeksi ke yang lain. Ini adalah infeksi nyamuk yang membutuhkan beberapa jenis nyamuk tertentu (nyamuk "Aedes") untuk menyebarkannya dari orang ke orang. Nyamuk mentransmisikan virus dengan menggigit individu yang terinfeksi lalu menggigit orang lain.

Gejala Demam Berdarah

Masa inkubasi (waktu antara infeksi virus dan munculnya tanda dan gejala) rata-rata lima sampai delapan hari.

Tanda dan gejala

Demam berdarah dapat berkisar pada tingkat keparahan penyakit ringan seperti flu, pada kondisi yang menghasilkan gejala parah dan melemahkan. Permulaan gejala biasanya tiba-tiba dan gejala awal biasanya meliputi:

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala
  • Sakit pada otot dan persendian - terutama di kaki
  • Sakit di belakang mata - terutama saat menggerakkan mereka
  • mata merah
  • Mual dan muntah
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Wajah merah ke wajah
  • Turunkan nyeri punggung
  • Kelemahan berat
  • Kelelahan berat

Setelah dua sampai tiga hari demam berkurang dan terjadi keringat yang signifikan. Sehari kemudian demam naik lagi dan ruam merah dimulai di lengan dan kaki, lalu menyebar ke dada, perut dan punggung. Selain itu, telapak tangan dan telapak kaki menjadi bengkak dan berubah menjadi merah cerah.

 

Kebanyakan orang benar-benar pulih dari demam berdarah, meski kelemahan dan kelelahan bisa berlangsung selama beberapa minggu.

 

Setelah terinfeksi demam berdarah, tubuh kebal terhadap kondisi sekitar satu tahun. Infeksi dengue selanjutnya cenderung menghasilkan gejala yang lebih parah daripada infeksi awal.

Komplikasi

Komplikasi yang paling serius dari demam berdarah adalah saat kondisi demam berdarah dengue. Hal ini paling sering terjadi pada anak di bawah usia 10 tahun dan ditandai dengan gejala demam berdarah yang parah disertai pendarahan dari gusi, hidung, usus, dan organ dalam. Memar dan bercak darah di bawah kulit mungkin ada dan pneumonia dan radang jantung bisa terjadi. Demam berdarah dengue adalah kondisi parah yang fatal pada kira-kira lima persen individu yang terinfeksi.

Orang yang sebelumnya pernah terinfeksi demam berdarah berisiko tinggi terkena demam berdarah dengue dengan infeksi demam berdarah berikutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2