Mohon tunggu...
Charles Andrean
Charles Andrean Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

just wanna learn everything that i want :D bebas jerawat cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan ketombe ciri ciri orang hamil

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tujuh Cara Mudah Menghilangkan Ketombe yang Membandel

7 Januari 2018   16:29 Diperbarui: 7 Januari 2018   16:33 0 3 0 Mohon Tunggu...
Tujuh Cara Mudah Menghilangkan Ketombe yang Membandel
ketombe

bisa di katakan kalau manusia hidup tidak pernah lepas daripada jerawat (cara menghilangkan jerawat) ataupun ketombe yang mana hal itu adalah mutlak adanya bagi kita manusia yang akan beranjak dewasa. dan hal itu merupakan hal yang tidak menyenangkan dimana selain kepala kita merasakan gatal yang mengganggu, di tambah lagi dengan bekas ketombe yang berwarna putih yang pastinya cukup sangat memalukan :).

Apa Penyebab Ketombe?

Kondisi kulit kepala ini disebabkan oleh jamur, Malassezia, yang memakan sebum (bahan berminyak yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous di kulit kepala kita) dan sel kulit mati yang terjadi secara alami karena pembentukan kulit baru. Meskipun mikroba ini adalah bagian normal dari kulit kepala, ini adalah saat penyakit itu berubah menjadi masalah - jamur mengonsumsi sebum, memecahnya menjadi asam lemak yang dapat mengiritasi kulit kepala yang sensitif pada banyak orang. 

Ini juga alasan kekeringan dan gatal pada kulit kepala, menyebabkan sel kulit mati terakumulasi menjadi serpihan terlihat. Tingkat sensitivitas orang terhadap asam lemak ini menentukan apakah mereka mengalami ketombe akut atau ringan.

Malassezia tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan dengan demikian, menjadi gangguan selama musim panas dan musim hujan karena kelembaban dan keringat yang berlebihan. Namun, angin dingin selama musim dingin merampas kulit kepala kelembaban dan menyebabkan kekeringan yang berakibat gatal dan mengelupas. Jelas, ketombe ini bertugas sepanjang tahun. Meskipun tidak ada cara untuk benar-benar membuangnya dari kehidupan kita (dan rambut) ada banyak solusi yang bisa digunakan 'di rumah' agar tetap diawasi (sehingga Anda tidak perlu menghindar dari tee gelap atau gaun, karena takut bubuk 'kapur' yang tak sedap dipandang 'di pundakmu).

silahkan disimak ulasan saya di bawah ini mengenai cara menghilangkan ketombe

1. Jangan minyak rambut dan menyimpannya lama

Dermatolog berbasis di Delhi Dr.Deepali Bhardwaj mengatakan, "Ini adalah mitos murni bahwa meminyaki bagus untuk rambut dengan ketombe". "Sebenarnya", dia menegaskan "menerapkan minyak akan menyebabkan lebih banyak ketombe karena minyak itu seperti makanan untuk Malazzesia yang menyebabkan ketombe."

Menerapkan minyak ke kulit kepala yang kering dan gatal mungkin terdengar seperti surga tapi hanya bisa memperburuk kondisi ketombe Anda, terutama saat Anda membiarkannya duduk di kulit kepala Anda untuk waktu yang lebih lama.

2. Cuka

Cuka membantu dalam merawat gatal, kulit kering dan juga membantu membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe. Kandungan asam cuka sangat bermanfaat untuk mengurangi pengelupasan secara drastis. Dr.Deepali menasihati, "Obat rumah favorit saya adalah mengaplikasikan campuran cuka putih dengan air di kulit kepala sekitar setengah jam sebelum mencuci kepala."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3