Mohon tunggu...
Okta Safriyadi
Okta Safriyadi Mohon Tunggu... Animator - Mahasiswa

Manusia biasa dari pedalaman desa di plosok indonesia, dari keluarga sederhana yang penuh kebahagian dan suka cita dengan Moto hidup: Allah yang kutuju dan ridhonya yang kucari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tak Disangka Puasa Ramadhan 1442 H di Depan Mata!!

30 Januari 2021   19:10 Diperbarui: 30 Januari 2021   19:31 377 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tak Disangka Puasa Ramadhan 1442 H di Depan Mata!!
Ilustrasi (dokpri)

Tinggal menghitung bulan Sebentar lagi kita akan memasuki Bulan  yang suci  yaitu bulan   Romadhon 1442 Hijriyah atau tahun 2021 masehi.


Yang kurang lebih akan bertepatan pada tanggal 12 April tepat di hari Senin dan satu Syawal kurang lebih  jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 Adapun hikmah puasa Ramadan Adalah kita dapat menahan diri dari hawa nafsu lapar dan dahaga meningkatkan kesabaran, bisa menjadikan kita sebagai acuan seberapa beriman kita seberapa bertaqwa kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan dapat menjauhkan kita dari kata perbuatan yang yang buruk lainnya.

Adapun dalil puasa bulan Romadhon terdapat dalam Al Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 183,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعلونتكعل

Yang mempunyai arti :

   "Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya telah diwajibkan ibadah puasa kepadamu, sebagaimana pula diwajibkan atas umat sebelum kamu, agar kamu menjadi hamba yang bertakwa"

     Dalam ayat ini ini Allah menyapa orang-orang yang beriman, dan Allah mengatakan bahwa ibadah puasa itu wajib kepada umat muslim atau orang yang beriman, ibadah puasa itu sudah ada sejak zaman dahulu.

Sebagai contoh:

      pada zaman Nabi Daud As, sudah ada puasa hanya saja caranya yang berbeda, orang-orang pada zaman Nabi Daud As,  mereka berpuasa dengan cara satu hari berpuasa dan 1 hari untuk berbuka dan inti poin dari puasa adalah "la'alakum tattaqun" agar kita menjadi hamba yang bertakwa dengan sebenar-benar Taqwa semaksimal mungkin yang kita bisa.

       Dalam hal ini semoga kita bisa menyiapkan iman kita dengan sebesar-besarnya dengan semaksimal mungkin untuk menyambut kedatangan bulan suci Romadhon 1441 Hijriah dengan sukacita walaupun dengan kondisi pandemi covid-19 ,amin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan