Mohon tunggu...
chandra kurnia
chandra kurnia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gadget

The Global Media Market Place

15 November 2018   21:15 Diperbarui: 15 November 2018   21:47 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Deregulasi dan liberalisasi sektor komunikasi internasional pada 1990-an disejajarkan dalam industri media dan, bersama dengan teknologi komunikasi baru dari satelit dan kabel, telah menciptakan pasar global untuk produk media (McAnany dan Wilkinson, 1996; McQuail dan Siune , 1998; Melkote et al 1998). Penggunaan terakhir dari satelit komersial (hal. 101), menunjukkan bahwa aplikasi infrastruktur komunikasi internasional yang tumbuh paling besar adalah untuk pengiriman produk media - informasi, berita dan hiburan.

Konvergensi

Sebelum globalisasi, sebagian besar perusahaan media memiliki bidang bisnis yang berbeda: Disney, misalnya, terutama berkaitan dengan film kartun dan operasi taman hiburan; Waktu dikenal terutama sebagai bisnis penerbitan; Viacom adalah sindikasi TV dan kabel, dan News Corporation adalah kelompok yang memiliki jaringan surat kabar di Australia. Dengan privatisasi penyiaran di seluruh dunia, ditambah dengan metode baru penyampaian konten media dan komunikasi - yaitu, satelit, kabel, dan Internet - perbedaan antara industri-industri ini dibubarkan. Berikut ini adalah media yang memiliki bidang bisnis terutama berkaitan dengan film kartun dan operasi taman hiburan.

Time Warner

Time Warner yang berbasis di New York, perusahaan hiburan dan informasi terbesar di dunia, memiliki bisnis besar dalam film, penerbitan, musik, dan TV kabel dan Internet. Dengan akuisisi Turner Broadcasting, ia memperoleh kehadiran televisi internasional dalam berita dan hiburan, dari Cable News Network (CNN), saluran berita global 24 jam, yang mengklaim sebagai 'layanan berita televisi yang paling banyak sindikasi di dunia,' (lihat juga halaman 156) untuk Turner Network Broadcasting (TNT) dan Turner Classic Movies and Cartoon Network, saluran anak internasional.

Bertelsmann

Dengan pendapatan tahunan sebesar $ 15,2 miliar pada tahun 1998, raksasa media Jerman, Bertelsmann, bukan hanya penerbit buku dan majalah terbesar di dunia, tetapi juga memiliki kepentingan di televisi, film dan radio, di label dan klub musik, dan di-on-line layanan dan multimedia. Bertelsmann memasok berita, hiburan, musik, dan layanan on-line di lebih dari 53 negara. Hampir 60 persen dari bisnisnya di Eropa, diikuti oleh AS, yang menyumbang hampir 35 persen. Selain memiliki Random House, salah satu organisasi penerbitan terbesar di dunia, perusahaan ini juga memiliki banyak klub buku, termasuk Rekan Klub Buku Inggris, Doubleday Direct dari AS, dan memiliki kepentingan penerbitan besar di Perancis, Spanyol dan Jerman.

Viacom / CBS

Penggabungan Viacom dan CBS, salah satu jaringan TV teratas di AS, diumumkan pada bulan September 1999, menciptakan konglomerat media global besar lainnya. Operasi Viacom, salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia, film, TV, dan penerbitan. Grup ini memiliki Paramount Pictures, produsen dan distributor film layar utama sejak tahun 1912, dengan lebih dari 2500 judul di perpustakaannya, termasuk film-film populer seperti The Ten Commandments dan The Godfather dan film laris modern seperti Forrest Gump, Deep Impact, Star Trek : Pemberontakan dan Titanic (film tertinggi yang disiarkan hingga saat ini). United International Pictures, sebagian dimiliki oleh Viacom, mengelola distribusi film-film fitur Paramount ke lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

The Walt Disney Company

Perusahaan Walt Disney yang berbasis di California, perusahaan media terbesar kedua di dunia setelah Time Warner, dengan salah satu merek terkuatnya, memiliki kepentingan dalam semua aspek utama media internasional. Disney memiliki ABC, salah satu dari tiga jaringan TV terbesar di AS, selain memiliki dan mengoperasikan 10 TV lokal dan hampir 30 stasiun radio di AS.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun