Mohon tunggu...
Chandra RahayuningTiyas
Chandra RahayuningTiyas Mohon Tunggu... Guru - GURU PRODUKTIF TATA BOGA/SMKN 2 TRENGGALEK

Perjalanan saya sampai saat ini . Berawal dari kesukaan saya memasak dan membuat kue sejak SLTP, Saya melanjukan ke jenjang SMK tepatnya di SMKN 2 Ponorogo dengan jurusan Pariwisata setelah saya dari SMK saya melatih skill saya dan saya sekolah di D1 MAPINDO (MANAJEMEN PARIWISATA INDONESIA ) ,saya mengambil food & beverage service disitu saya memperdalam keahlian saya, dengan berjalannya waktu saya alhamdulilah iterviw disebuah hotel bintang 4 diSurabaya tepatnya di Garden Palace hotel dari tahun 2003 -2009, dijeda tahun tersebut alhamdulilah atasan saya inggin saya mengembangkan diri dan mengizinkan saya menempuh pendidikan selanjutnya di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mengambil Fakultas Keguruan/FKIP TATA BOGA sampai tahun 2008, 2009 ada pendaftaran CPNS alhamdulilah saya lolos seleksi ..dan saya harus meninggalkan keahliah saya dibidang practici untuk mengabdikan diri didunia pendidikan hingga saat ini .

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi antar Materi_Modul 1.3

2 Desember 2022   19:33 Diperbarui: 2 Desember 2022   19:39 681
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Koneksi Antar Materi Modul 1.3 VISI GURU PENGERAK 

Nama                            : CHANDRA RAHAYUNING TIYAS,S.Pd
Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?

VISI : "Mewujudkan peserta didik yang mandiri,kreatif,unggul dan kompeten dibidangnya yang berprofil Pelajar Pancasila"

Dalam koneksi antar materi mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA)  dengan memaknai pemahaman dan penerapannya serta melaksanakan modul 1.1 ( Pemikiran filosofi Ki Hajar Dewantara ), modul 1.2 ( Nilai dan peran guru pengerak ),modul 1.3 ( Visi guru pengerak ) yang memiliki impian murid dimasa mendatang dengan mewujudkan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu Ki Hajar Dewantara memberikan pemikirannya tentang Dasar-dasar Pendidikan. Menurut KHD, Pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.yang nantinya akan terwujudnya profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila , dengan 6 ciri utama : beriman dan bertaqwa kepada TYME dan berahklak mulia,berkebinakaan global,bergotong royong,mandiri,bernalar kritis dan kreatif.

Keterkaitan materi modul 1.1 ( Pemikiran filosofi Ki Hajar Dewantara ) dan modul 1.3 (visi guru pengerak ) mampu mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan profil pelajar pancasila dalam  rumusan visi dengan paradigma Inkuiri Apresiatif (IA).Dan  Keterkaitan materi modul 1.2 ( Nilai dan peran guru pengerak ) dan modul 1.3 (Visi guru pengerak )memiliki nilai yang mencerminkan peran guru pengerak dalam mewujudkan visi dengan paradigm Inkuiri Apresiatif IA yaitu dengan proses belajar dapat memberikan kenyamanan dan kemerdekaan bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan mengenali diri dan kebutuhannya dalam belajar. Untuk mendukung proses tersebut Inkuiri Apresiatif melalui tahapan BAGJA merupakan salah satu model yang cocok untuk diterapkan. Inkuiri Apresiatif adalah suatu filosofi atau landasan berfikir yang berfokus pada upaya kooperatif menemukan hal fositif dalam diri seseorang baik masa lalu, masa kini, maupun masa yang akan datang.

Selain itu Inkuiri Apresiatif sebuah paradigma sekaligus model manajemen perubahan yang memegang prinsip psikologi positif, pendidikan positif dan pendekatan berbasis kekuatan.

Kesimpulanya dari keterkaitan materi modul  guru pengerak harus memiliki nilai dan harus mencerminkan peran guru dalam menyusun dan melaksanakan visi dengan paradigm IA untuk mewujudkan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dan terwujudnya profil pelajar Pancasila.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun