Koneksi Antar Materi Modul 1.3 VISI GURU PENGERAKÂ
Nama               : CHANDRA RAHAYUNING TIYAS,S.Pd
Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?
VISI : "Mewujudkan peserta didik yang mandiri,kreatif,unggul dan kompeten dibidangnya yang berprofil Pelajar Pancasila"
Dalam koneksi antar materi mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) Â dengan memaknai pemahaman dan penerapannya serta melaksanakan modul 1.1 ( Pemikiran filosofi Ki Hajar Dewantara ), modul 1.2 ( Nilai dan peran guru pengerak ),modul 1.3 ( Visi guru pengerak ) yang memiliki impian murid dimasa mendatang dengan mewujudkan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu Ki Hajar Dewantara memberikan pemikirannya tentang Dasar-dasar Pendidikan. Menurut KHD, Pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.yang nantinya akan terwujudnya profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila , dengan 6 ciri utama : beriman dan bertaqwa kepada TYME dan berahklak mulia,berkebinakaan global,bergotong royong,mandiri,bernalar kritis dan kreatif.
Keterkaitan materi modul 1.1 ( Pemikiran filosofi Ki Hajar Dewantara ) dan modul 1.3 (visi guru pengerak ) mampu mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan profil pelajar pancasila dalam  rumusan visi dengan paradigma Inkuiri Apresiatif (IA).Dan  Keterkaitan materi modul 1.2 ( Nilai dan peran guru pengerak ) dan modul 1.3 (Visi guru pengerak )memiliki nilai yang mencerminkan peran guru pengerak dalam mewujudkan visi dengan paradigm Inkuiri Apresiatif IA yaitu dengan proses belajar dapat memberikan kenyamanan dan kemerdekaan bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan mengenali diri dan kebutuhannya dalam belajar. Untuk mendukung proses tersebut Inkuiri Apresiatif melalui tahapan BAGJA merupakan salah satu model yang cocok untuk diterapkan. Inkuiri Apresiatif adalah suatu filosofi atau landasan berfikir yang berfokus pada upaya kooperatif menemukan hal fositif dalam diri seseorang baik masa lalu, masa kini, maupun masa yang akan datang.
Selain itu Inkuiri Apresiatif sebuah paradigma sekaligus model manajemen perubahan yang memegang prinsip psikologi positif, pendidikan positif dan pendekatan berbasis kekuatan.
Kesimpulanya dari keterkaitan materi modul  guru pengerak harus memiliki nilai dan harus mencerminkan peran guru dalam menyusun dan melaksanakan visi dengan paradigm IA untuk mewujudkan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dan terwujudnya profil pelajar Pancasila.