Mohon tunggu...
Chandra Salim
Chandra Salim Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Caraku Menghadapi Globalisasi terhadap Perkembangan Teknologi

22 Januari 2019   17:51 Diperbarui: 23 Januari 2019   09:05 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa itu Globalisasi? Menurut Selo Soemardjan, Pengertian Globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang berada di seluruh dunia yang bertujuan untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama dan menurut Menurut John Huckle, Pengertian Globalisasi ialah suatu proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan di salah satu belahan dunia yang berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk seluruh masyarakat di daerah yang jauh sekalipun. Kalau menurut saya, Globalisasi adalah proses dimana setiap orang atau pun Negara saling bertukar informasi dimanapun dan saat kapanpun melalui media atau pun cetak yang sehingga bisa berpengaruh global yang bisa terasa oleh semua Negara di Dunia. Penyebab adanya globalisasi adalah :

  1. Perkembangan teknologi informasi komunikasi yang berperan untuk kemudahan dalam transaksi ekonomi antar negara.
  2. Kerja sama ekonomi Internasional yang memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara yang terjalin dengan erat.
  3. Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi transportasi yang mempermudah dalam jasa transport dan pengiriman barang keluar negeri.

Saya kali ini akan membahas Globalisasi di sekor Teknologi Informasi. Saya memilih tema ini karena menurut saya teknologi semakin lama semakin berkembang dan sangat berdampak kepada dunia karena teknologi mempermudah manusia untuk hidup dan juga manusia semakin lama pun sangat bergantung kepada teknologi. 

Pertama-tama apa itu teknologi? Teknologi adalah suatu rancangan atau desain alat untuk memenuhi kehidupan manusia. Teknologi juga digunakan untuk memajukan dan membangun suatu negara dan juga apa itu informasi? Informasi adalah sekumpulan data tentang berbagai hal yang berasal dari fakta yang di catat dan diolah sehingga berguna dan bermanfaat bagi pemakainya dan yang terakhir berarti bahwa Teknologi Informasi merupakan alat untuk mengelola data (memproses, mendapatkan, menyusun, mempublikasikan data). 

Teknologi informasi memungkinkan kita memperoleh informasi dari seluruh dunia tanpa harus mengunjunginya secara fisik. Sekarang saya akan memberitahukan bagaimana saya mengadapi sebuah globalisasi terhadap teknologi informasi yang terjadi di Dunia.

Saya menghadapi globalisasi Teknologi Informasi dengan saat berhati-hati. Karena Kemajuan teknologi jaman sekarang dengan mudah mempengaruhi seseorang dari hal fisik maupun dari dalam seseorang. Tidak semua teknologi bisa berdampak bagus dan tidak bagus. Saya sebagai pelajar yang baik, saya akan memilih ataupun mengseleksi mana yang berdampak baik kepada saya dan yang tidak. 

Saya juga akan menggunakan teknologi tersebut dengan sesuai fungsi nya dan tidak menggunakan suatu teknologi untuk perbuatan yang tidak baik. Dampak yang terjadi dalam masyarakat dengan adanya teknologi informasi kemudian memudahkan manusia dalam berkomunikasi menggunakan fasilitas email, chatting. 

Selain memberikan dampak positif, teknologi juga memberikan dampak negatif. Misalnya penipuan di internet, meningkatkan plagiarisme dan mengurangi sifat sosial. Tetapi walaupun dengan adanya dampak yang buruk terhadap teknologi, saya tetap berterimakasih atas teknologi tersebut karena sangat memudahkan saya untuk mencari informasi dengan mudah dan memudahkan saya untuk berinteraksi dengan orang lain. 

Tetapi walaupun teknologi tersebut memudahkan saya, saya juga harus pintar untuk jangan sampai teknologi tersebut bisa berdampak buruk untuk kehidupan saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun