Mohon tunggu...
chaliestha ayu anggelliae
chaliestha ayu anggelliae Mohon Tunggu... Lainnya - 1250020011

D3 Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Rutinitas Keseharian di Era New Normal

17 Mei 2021   23:22 Diperbarui: 17 Mei 2021   23:39 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Halo nama saya Chaliestha Ayu Anggelliae tapi teman akrab saya memanggil saya Acha dengan NIM 1250020011  Hari ini saya akan menuliskan rutinitas saya sehari-hari selama karantina. Selama masa karatina ini saya menjalani kuliah secara online. Sekilas saya akan menceritakan tentang pendidikan saya terlebih dahulu. Saya mahasiswa baru di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) mengambil program studi D3 Kebidanan. Di sini saya sangat mengalami kesulitan karena sebagai mahasiswa baru di bidang kesehatan harus menjalani praktikum seecara Online.

Pada pukul 04.50 saya biasanya bangun untuk melaksanakan kewajiban saya sebagai umat muslim. Setelah sholat subuh saya membuka Handphone saya untuk memastikan Jadwal kelas apakah sudah benar atau tidak, Karena saya dikelas sebagai Komandan Tingkat (komting). Awalnya saya kewalahan terhadap tugas saya karena semuanya serba online. Lama-Kelamaan saya terbiasa karena saya juga dibimbing oleh kakak tingkat saya.

Pada pukul 06.00 saya beranjak dan merapikan tempat tidur, Setelah itu saya mandi pagi. Kenapa saya mandi padahal daring? Karena jika tidak mandi pagi pasti saya akan mengantuk saat proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Saat Pukul 06.30 saya menyiapkan peralatan belajar saya dari laptop, Tab, alat tulis hingga buku catatan. Sembari menunggu kelas dimulai biasanya saya mengkonfirmasi kepada penanggung jawab mata kuliah (PJMK) apakah dosen bisa mengisi perkuliahan tersebut. Jika jarum jam menunjukkan pukul 07.00 saya langsung memmbuka e-sorogan UNUSA untuk melakukan join zoom ataupun forum.

Jika dosen mengajar menggunakan zoom, maka saya memperhatikan dosen menjelaskan melewati zoom dengan menulis penjelasan di buku catatan. Jika dosen menggunakan forum, maka saya menyimak forum. Biasanya saya akan membaca materi yang sudah dibagikan oleh dosen lalu saya bertanya apa yang saya tidak paham melalui forum. JIka dosen memberikan tugas, maka saya akan mengerjakan tugas pada jam itu juga Karena saya tipikal orang yang tidak menyukai tugas menumpuk.

Jika ada waktu kosong di pagi hari seperti dosen meminta ganti hari, Maka saya membantu Ibu saya memasak di dapur, Membersihkan kamar ataupun Menjaga keponakan saya yang masih bayi. Biasanya jika proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) melalui zoom, saya selalu memperhatikan teman-teman saya apakah sudah lengkap atau tidak. Jika ada yang kurang, Maka saya akan menelepon teman saya yang belum hadir. Rata-rata yang saya telepon karena teman saya ketiduran.

 Saat sudah pukul 12.20 biasanya saya melaksanakan sholat dhuhur dan makan siang. Jika mengantuk saya tidur sebentar dan memasang alarm agar bisa bangun untuk kelas selanjutnya. Saat pukul 13.00 Kelas selanjutnya sudah dimulai, biasanya saya membawa minum supaya saya tidak mengantuk karena di jam siang seperti ini pasti sudah mulai mengantuk. Biasanya di jam-jam seperti pasti teman-teman banyak yang mengeluh mengantuk. Tetapi saya dan teman-teman harus tetap semangat.

Setelah mata kuliah selesai saya langsung melaksanakan sholat ashar. Lalu saya bermain handphone lalu saya biasanya tidur. Saat pukul 16.30 saya bangun dari tidur dan langsung mandi serta bersih-bersih diri. Sambil menunggu magrib biasanya saya santai di kamar bermain handphone ataupun bermain tik-tok. Saat adzan sudah berkumandang saya langsung mendirikan sholat magrib.

Setelah sholat magrib biasanya saya melakukan banyak hal. Di hari-hari tertentu saya mengaji. Kadang saya juga jalan-jalan keluar rumah dengan teman-teman, Baik itu sedekar mempererat silaturahmi ataupun mengerjakan tugas kelompok. Kadang saya juga hanya dirumah baik itu mengerjakan tugas dikamar ataupun berbincang-bincang dengan keluarga.

Jika saya keluar rumah teman-teman biasanya saya keluar setelah magrib. Lalu menjemput teman saya. Setelah itu saya dan teman-teman saya menuju lokasi, Biasanya caf, mall, alun-alun, tempat makan ataupun angkringan. Sering terjadi, Jika masih lapar sebelum pulang saya dan teman-teman mampir makan di warung Mak letaknya di Jl. Pandegiling. Warung Mak itu warung paling enak dan harganya bersahabat dengan kantong pelajar. Karena sering sekali mampir di warung Mak, Penjualnya sampai hafal dengan saya dan teman-teman. Lalu jika sudah menunjukkan pukul 21.30 saya mengantarkan pulang teman saya, Biasanya saya sampai rumah pukul 22.00 setelah itu langsung melaksanakan sholat isya.

Jika saya tidak keluar rumah, Kadang saya mengerjakan tugas kuliah. Kalau saya mengerjakan biasanya dimulai setelah sholat isya sampai pukul 23.00. Karena prinsip saya jika tidak diselesaikan saat itu juga, rasanya akan nanggung dan tugas semakin menumpuk. Di sela mengerjakan tugas, saya makan dengan keluarga saya. Jika tidak ada tugas, setelah makan saya mengobrol bertukar pikiran dikeluarga, baik dari hal-hal yang berbobot sampai hal-hal komedi. Biasanya dilakukan dikamar saya ataupun kamar orangtua saya. Kadang saya juga berbincang ditelepon jika adik saya yang berada di pesantren menelepon.

Baik saya keluar rumah dengan teman-teman ataupun hanya dirumah mengerjakan tugas dan berbincang dengan keluarga. Saya selalu tidur pukul 23.00. Jika tidak tidur siang biasanya bisa tidur kurang dari pukul 23.00. Tetapi jika tidur lebih dari jam 23.00 saya bisa melakukannya, tetapi Ibu saya akan marah jika saya tidur lebih dari pukul 23.00. Karena besoknya saya harus bangun pagi untuk melaksankan kuliah Online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun