Mohon tunggu...
Althamira Frishka
Althamira Frishka Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis yang tertarik dengan kesehatan mental, perempuan dan anak. Temukan karya A.F di IG @althamirafrishka

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jatim Jadi Pilot Project, Kemkominfo Gelar Bimtek Pemanfaatan Platform Digital untuk KIM

28 Juli 2022   11:11 Diperbarui: 28 Juli 2022   11:18 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Pribadi/iwn.kmfo

Batu - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melaksanakan bimbingan teknis pemanfaatan platform digital kemitraan untuk Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Kegiatan digelar di Golden Tulip Resort Batu, Rabu (27/07/2022).


Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam agenda Jatim Kominfo Festival (JKF) 2022 yang diikuti petugas pengelola Kominfo Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Selain itu juga diikuti pengurus KIM yang terlibat langsung dalam kegiatan KIM daerah.

Dinas Kominfo Kabupaten/Kota nanti berperan memfasilitasi terkait pendaftaran bagi KIM yang ada di Desa masing-masing. Terutama untuk pendaftaran serta pelatihan mengisi konten.

Hasyim Gautama, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Ditjen IKP, Kemkominfo dalam paparannya menuturkan KIM merupakan mitra Kementerian Kominfo yang dapat mengelola website yang disediakan.

"KIM dapat mengelola website dengan platform yang kami sediakan secara gratis selamanya," ucapnya.

Selain pemaparan tentang KIM, dilanjutkan dengan kegiatan secara teknis mulai dari membuat akun hingga mengisi data.

Moch. Wendy instruktur pelatihan menyampaikan website ini cukup mudah dalam pengoperasiannya. "Admin di Kabupaten akan mensetujui pengajuan pembentukan KIM oleh pemerintah desa dengan menunjukkan SK," ujarnya.

Website yang dikelola pengurus KIM ini nantinya akan diberikan secara gratis baik domain, server sampai maintenance selamanya.

Kegiatan ini juga disambut baik oleh peserta KIM dari Surabaya, Mikael Markus. Ia merasa senang dengan Bimtek kali ini. "Selain caranya mudah juga sangat membantu pegiat KIM untuk pengelolaannya," tambahnya.

Seperti diketahui, Bimtek kali ini merupakan kegiatan pertama oleh Kementerian Kominfo RI. Provinsi Jawa Timur sendiri merupakan pilot project yang nantinya sebagai rujukan KIM secara nasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun