Bagaimana sih cara membuat CV yang menarik sekaligus professional agar dilirik HRD?. CV bukan hanya sekadar dokumen melainkan bentuk presentasi diri yang paling penting agar kita dilirik oleh Perusahaan.
Ketika membuat CV jangan sampai asal-asalan, hati-hati nanti kalian jadi bahan olok-olokan HRD apalagi jika kesalahan kita dalam membuat CV jadi bahan konten di media sosial, memalukan bukan!.
CV yang dibuat asal-asalan bisa menjadi alasan utama kamu gagal melangkah ke tahap wawancara, meskipun kamu punya kemampuan hebat. Di era persaingan kerja yang ketat, memiliki CV yang menarik, profesional, dan relevan sangat penting agar kamu bisa standout dari ratusan bahkan ribuan pelamar lainnya.
Kalian mau diajarin membuat CV yang menarik, professional dan tentunya kekinian?. Kalau mau yuk lanjut simak artikel berikut ini, kita kupas tuntas bagaimana cara membuat CV yang anti gagal.
Sebelum memulai menulis CV kita harus tahu jenis Perusahaan dan posisi yang kita tuju. Berikut ini beberapa kesalahan dalam menulis CV yang perlu kalian hindari agar sukses dan diterima diperusahaan yang kalian inginkan.
Kesalahan dalam Menulis CV
1. CV Terlalu Panjang dan Bertele-tele
Idealnya  CV hanya perlu ditulis dalam 1-2 lembar saja. Mengapa demikian? Karena HRD tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca CV kalian. HRD umumnya hanya memiliki waktu 6-10 detik untuk memindai CV kalian. Untuk itu fokus ke hal-hal penting jangan bertele-tele.  Jadi coba gunakan poin-poin dibandingkan menuliskan CV dalam bentuk esay dan paragraph Panjang.
2. Tidak Disesuaikan dengan Posisi yang Dilamar
Kesalahan berikutnya yaitu kalian menuliskan CV secara umum, tidak fokus pada sebuah posisi. Seringkali CV yang sama digunakan berkali-kali, jangan ya, dek ya. Itu adalah kesalahan besar, karena setiap posisi memiliki persyaratan yang berbeda. Maka dari itu mulai dari sekarang ketika menulis CV fokuskan pada pengalaman, keterampilan, kelebihan dan pencapaian atau prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang sedang kalian lamar.
3. Desain Terlalu Ribet atau Tidak Profesional