Mohon tunggu...
Gaya Hidup

Kunjungan Group Field Work Magister Teknik Sipil Undip ke Marina Barrage

19 April 2017   07:32 Diperbarui: 19 April 2017   11:22 296 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kunjungan Group Field Work Magister Teknik Sipil Undip ke Marina Barrage
Marina Barrage

Kunjungan ke Dam Marina Barrage

Marina Barrage adalah bendungan  di Singapura yang mempunyai empat tujuan utama, yaitu sebagai tempat penampungan air, pengendali banjir, pengolahan air bersih dan tujuan wisata. Proyek bendungan an senilai 226 juta dollar atau lebih dari 1.5 triliun yang dibangun di muara Marina Channel itu berfungsi untuk membantu menahan pasang air laut serta mengatasi persoalan banjir di beberapa daerah yang tanah dasarnya lebih rendah.

Sistem struktur bangunan dam marina barrage mampu menjawab permasalahan yang hampir 50 tahun menghantui negara singapura sejak merdeka

Inilah alasan yang membawa kelompok mahasiswa Pascasarjana Universitas Diponegoro Teknik Sipil – Sumber Daya Air Angkatan 2015, tertarik untuk menjadikan Marina Barrage menjadi salah satu kunjungan Group Field Work (GFW) pada 22 November 2016. GFW adalah kegiatan kuliah lapangan yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan baru di bidang Teknik Sipil melalui observasi langsung di lapangan.

Marina Barrage memainkan peranan penting dalam membantu untukmengurangi banjir di beberapa area pulau yang letaknya lebih rendah. Selama periode hujan lebat, rangkaian sembilan gerbang di bendunganan akan dibuka untuk melepaskan air hujan yang berlebih ke laut saat air laut surut. Ketikaombak pasang, pompa raksasa yang mampu memompa kolam renang ukuran Olimpiade per menit beraksi mengalirkan air ke pulau.

Singapura telah memulai pembangunan perkotaannya dengan menyusun sebuah rencana tata ruang yang berkelanjutan untuk mengatur penggunaan lahan secara efektif dan efisien. Singapura tidak memiliki sumber daya air alami di negaranya dan hanya memiliki sedikit lahan untuk mengumpulkan dan menyimpan air hujan yang menyebabkan pengelolaan air merupakan tantangan besar bagi negara tersebut. Di tahun 60-an dan 70-an, Singapura mengalami krisis air dimana air baku di Singapura sangat bergantung pada air yang diimpor dari Malaysia serta Singapura juga menghadapi tantangan yang lain yaitu kekeringan, banjir meluas dan polusi air di tahun-tahun awal pendirian negara ini.

Konsep bangunan DAM Marina Barrage ini adalah sebagai tembok, yang mencegah air tawar keluar ke laut, dan mencegah masuknya air laut yang berlebihan ke sungai. Bangunan ini berbentuk seperti kanal yang dapat dibuka tutup sesuai keadaan di lapangan. Konsep bangunan seperti ini adalah yang kedua di dunia setelah bangunan serupa dibuat di muara Sungai Thames yang melewati London, Inggris, yang dibangun karena sungai sering meluap akibat laut pasang yang membanjiri seluruh kota. perbedaanya di Inggris, model penutup nya adalah slide, geser ke samping, sedangkan di Singapura, model penutupnya adalah atas bawah.

Fasilitas Dam Marina Barrage

Galeri ikon baru pariwisata Negeri Singa ini diberi nama Marina Barrage. Galeri ini adalah satu-satunya yang mengangkat tema lingkungan dan manfaatnya. Memasuki galeri, pengunjung disambut sebuah pohon yang menyimbolkan terjaganya lingkungan yang bersih dan sehat.

Taman di Marina Barrage
Taman di Marina Barrage
Beberapa fasilitas di Marina Barrage di antaranya adalah :

1.     Solar Panels

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x