Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Terpuruk Lama, Tim Piala Thomas Indonesia Bangkit Lagi Ke Final

20 Mei 2016   16:08 Diperbarui: 20 Mei 2016   18:43 1157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi/ sumber badmintonindonesia.org

Momen hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei hari ini bersamaan dengan kebangkitan tim Piala Thomas Indonesia. Setelah terpuruk lama, berakhir sudah penantian panjang Indonesia untuk bisa lagi tampil di final Piala Thomas. Terakhir kali Indonesia masuk final di Piala Thomas 2010. Tim Piala Thomas Indonesia bangkit lagi ke final tahun ini, setelah sukses mengatasi perlawanan Korea Selatan dengan skor 3-1. 

Jonatan Christie dimainkan sebagai tunggal pertama Indonesia, karena Tommy Sugiarto mengalami masalah pada lutut. Korea Selatan menurunkan pemain ranking 9 dunia, Son Wan Ho.

Jonatan yang dalam empat pertandingan hingga babak perempat final main cemerlang, tambil di bawah performa terbaik menghadapi Son Wan Ho. Jonatan sering melakukan error, bola pengembaliannya sering keluar. Dalam tempo waktu 37 menit, Son Wan Ho memenangkan pertandingan dengan skor 21-10 21-16.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil meraih poin pertama buat Indonesia. Ahsan/Hendra yang kemarin main buruk sehingga kalah lawan ganda Hong Kong, tampil gemilang menghadapi ganda Korsel ranking 1 dunia, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong.

Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan bermain apik berkali-kali melancarkan smash keras dan melakukan defence hebat . Tampil cemerlang, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menang cepat dalam 34 menit dengan skor 21-15 21-12.

Indonesia menurunkan Anthony Ginting sebagai pemain tunggal kedua, menghadapi Lee Dong Keun. Pada awal set pertama, Anthony Ginting sempat tertinggal poin jauh 3-7, namun berhasil menyamakan skor jadi 8-8.

Lee Dong Keun kembali memimpin hingga kedudukan 11-9, disamai oleh Ginting jadi 11-11. Kedua pemain lalu bergantian meraih poin hingga skor sama kuat 14-14. Setelahnya Anthony Ginting tampil taktis membuat pukulan-pukulan tajam yang membuat Lee Dong Keun keteteran. Set pertama dimenangkan Anthony Ginting dengan skor 21-18.

Set kedua juga berlangsung ketat. Lee Dong keun sempat memimpin 5-2, namun bisa disamakan Ginting jadi 5-5. Lee kembali unggul 8-6, dan lagi-lagi disamai 8-8 oleh Ginting. Kedua pemain lalu kejar-mengejar angka hingga kedudukan 13-13. Anthony Ginting lalu unggul 16-14, namun disamakan 16-16 oleh Lee. Setelah ini Ginting sering melancarkan smash tajam hingga akhirnya menang dengan skor 21-18.

Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi akhirnya memastikan tim Thomas Indonesia lolos ke final. Angga/Ricky bermain penuh percaya diri menghadapi ganda ranking 4 dunia, Kim Gi Jung/Kim Sa Rang. Dalam waktu 39 menit, Angga/Ricky menang dua set langsung dengan skor 21-15 21-18.

Di babak final,  tim Piala Thomas Indonesia bakal menghadapi pemenang duel Denmark versus Malaysia yang akan dilangsungkan petang nanti.

(artikel ini tayang juga di blog pribadi dengan judul'Indonesia ke Final Piala Thomas')

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun