Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Sidang Pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat: Korban Dituduh Selingkuh, Pelaku Pemicu Pembunuhan Dituntut Lebih Ringan

18 Januari 2023   19:59 Diperbarui: 18 Januari 2023   20:46 441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Putri Candrawathi di persidangan pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat/ foto: Narasinews.com

Tuntutan hukuman cenderung ringan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kepada komplotan terdakwa yang dikenai pasal pembunuhan berencana, membuat masyarakat Indonesia yang berbulan-bulan mengikuti perjalanan sidang kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat menjadi geregetan.

Lima terdakwa utama lolos dari tuntutan hukuman maksimal pasal 340 KUHP, yaitu hukuman mati.

Mantan Kasih Propam Polri, Ferdy Sambo, yang didakwa sebagai perancang pembunuhan kepada Yosua pada 8 Juli 2022, mendapat ancaman hukuman terberat. 

JPU menuntut Ferdy Sambo dengan hukuman seumur hidup karena dinilai secara sah dan meyakinkan bersalah sudah melakukan pembunuhan berencana kepada Yosua Hutabarat.

Sambo dianggap berbelit-belit selama pemeriksaan dan persidangan, dan tidak mengakui perbuatannya yang telah mencoreng institusi Polri, hingga membuat banyak anggota Polri terlibat. Tidak ada hal yang meringankan Sambo di mata jaksa.

Ferdy Sambo/foto: kompas.com- Irfan Kamil
Ferdy Sambo/foto: kompas.com- Irfan Kamil

Ferdy Sambo dijerat pasal berlapis. Dianggap melanggar Pasal 340 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Serta melanggar pasal 49 jo pasal 33 UU No 19/2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Tiga terdakwa lain dituntut hukuman yang sangat ringan, padahal dikenai pasal 340 KUHP. 

Putri Candrawathi istri Ferdy Sambo hanya dituntut hukuman 8 tahun. Padahal berbagai pernyataan Putri Candrawathi yang telah diperiksa para ahli sebagai kebohongan, menjadi pemicu terjadinya pembunuhan kepada Yosua.

Putri Candrawathi dituntut hukuman 8 tahun karena dinilai berbelit-belit dalam memberikan keterangan di persidangan dan juga selama pemeriksaan, tidak menyesali perbuatannya, hingga membuat kegaduhan dan meresahkan masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun