Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digital Worker since 2010-now (versatile, multiple skills position, certified)

Sports, music and media observer. Writing online on a blog is a fun hobby. As a blogger, I have collaborated with various well-known national and international brands, such as BCA, Coca Cola Amatil, EMTEK, Blue Bird, KOMPAS TV, etc. very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Kecanggihan Artificial Intelligence Infomo Membantu Pelaku UMKM Menjangkau Pelanggan yang Tepat

4 Desember 2022   00:36 Diperbarui: 4 Desember 2022   00:52 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Live podcast bersama direktur Infomo dan Smesco di Kompasianival 2022/foto: dokpri 

Presiden Joko Widodo dalam satu sesi US-ASEAN Summit pada bulan Februari 2016 yang dihadiri para pimpinan negara ASEAN dan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menyampaikan pandangan mengenai pentingnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai kunci penopang perekonomian negara di kawasan ASEAN.

Sebanyak 88 hingga 99 persen bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM, dan bidang ini menyerap hingga 97 persen tenaga kerja di ASEAN.

Jokowi menyampaikan bahwa UMKM yang memiliki daya tahan tinggi mampu menopang perekonomian negara, bahkan saat terjadi krisis global. 

Di kesempatan pertemuan dengan para pemimpin negara tersebut Presiden Jokowi mengingatkan, bahwa tantangan yang dihadapi UMKM tidak mudah. 

UMKM kerap menghadapi kesulitan dalam mengakses modal, teknologi, dan pasar global. Sehingga perlu dukungan dari pemerintah untuk menyediakan semua akses itu.

Dalam era kecanggihan teknologi sekarang ini, seluruh pelaku UMKM dituntut untuk memasarkan produknya melalui platform digital.

Tetapi, tidak cukup hanya semata-mata sekadar terjun ke ruang digital. Diperlukan strategi pemasaran yang tepat bagi pelaku UMKM di ruang digital yang punya ekosistem luas 

Bagaimana strategi pemasaran yang tepat, jika pelaku UMKM memiliki keterbatasan pengetahuan mengenai platform digital?

Hal inilah yang dibahas secara menarik dalam sesi live podcast Kompasianival 2022 di Bentara Budaya Jakarta bertema "Menghubungkan UMKM Langsung kepada Lebih dari 100 Juta Data Pelanggan".

Sesi live podcast yang juga diramaikan dengan flash blogging Infomo ini menghadirkan narasumber George Papadopoulos (Infomo Global President & Chief Business Officer), Uki Utama (Infomo Indonesia Country Director), dan Leonard Theosabrata (Direktur Utama SMESCO Indonesia).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun