Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Fakta Nyata Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 Susah Ditebak, Persaingan Terketat Fase Grup Sejak Diikuti 32 Peserta Tahun 1998

29 November 2022   06:15 Diperbarui: 29 November 2022   06:39 632
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Momen seru Jepang ungguli Jerman di match day 1 grup Piala Dunia 2022/ foto: Reuters.com

Persaingan di babak grup Pala Dunia 2010 sangat sengit, persisi seperti Piala Dunia 2022. Hanya ada enam peserta yang ketahuan nasibnya usai match day 2.

Yang lolos ke babak 16 besar usai match day World Cup 2010 adalah Argentina (grup B), Belanda (grup E), dan Brasil (grup G). 

Sedangkan kontestan yang tersisih dini yaitu, Kamerun (grup E), Korea Utara (grup G), dan Honduras (grup H).

Pemain Korea Utara di Piala Dunia 2010/ foto: theguardian.com
Pemain Korea Utara di Piala Dunia 2010/ foto: theguardian.com

Peta kekuatan negara peserta yang jomplang di fase grup, terulang lagi di Piala Dunia 2014 dan 2018.

Ada enam kontestan yang masuk babak 16 besar pasca match day kedua Piala Dunia 2014, yaitu Belanda (grup B), Chile (grup B), Kolombia (grup C), Kosta Rika (grup D), Argentina (grup F), dan Belgia (grup H).

Sedangkan yang tersingkir dini di babak grup Piala Dunia 2014 adalah, Kamerun (grup A), Spanyol (grup B), Australia (grup B), Inggris (grup D), Bosnia Herzegovina (grup F).

Yang tembus babak 16 besar usai match day kedua Piala Dunia 2018 bahkan lebih banyak. Yaitu tuan rumah, Rusia (grup A), Uruguay (grup A), Prancis (grup C), Kroasia (grup D), Meksiko (grup F), Belgia (grup G), dan Inggris (grup G).

Yang tersingkir lebih awal di Piala Dunia 2018 juga banyak, yaitu timnas Mesir (grup A), Arab Saudi (grup A), Maroko (grup B), Peru (grup C), Kosta Rika (grup E), Panama (grup G), Tunisia (grup G), Polandia (grup H).

Menyimak kembali situasi di bank grup Piala Dunia 1998 hingga 2018, jadi ketahuan bahwa persaingan antar 32 negara di fase grup Piala Dunia 2022 adalah yang paling ketat.

Jadi semakin menarik dinanti, bagaimana persaingan 'hidup mati" antara 27 negara peserta dalam perebutan tiket ke fase knock out di match day 3 grup Piala Dunia 2o22.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun