Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Indonesia Absen pada 5 Nomor Olahraga Olimpiade di SEA Games 2022

7 April 2022   23:15 Diperbarui: 7 April 2022   23:24 1094
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Logo dan maskot SEA Games Hanoi/sumber: Vientiane Times

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) beberapa waktu lalu mengumumkan jumlah rombongan kontingen Indonesia yang akan mengikuti kompetisi olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games 2022.

SEA Games 2022 akan berlangsung di Hanoi, Vietnam, dari 12 hingga 23 Mei.

Pihak Kemenpora mengumumkan bahwa Indonesia akan mengikuti 31 cabang olahraga dari 40 nomor yang dipertimbangkan di SEA Games 2022. 

Karena keterbatasan anggaran, hanya 476 atlet Indonesia yang dikirim ke SEA Games 2022 di Hanoi. Berkurang jauh dibandingkan 841 atlet Indonesia yang dikirim ke SEA Games 2019 di Filipina. 

Ajang SEA Games 2022 bakal dijadikan sebagai sasaran antara menuju target utama pencapaian prestasi, yaitu Asian Games 2022 dan Olimpiade 2024.

Cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade yang diikuti Indonesia di SEA Games adalah Anggar, Angkat Besi, Atletik, Balap Sepeda, Bola Basket, Bola Voli (Indoor dan Pantai), Bulu Tangkis, Kano, Rowing, Golf, Gulat. Judo, Karate, Menembak, Panahan, Renang, Senam Artistik, Sepak Bola Putra, Taekwondo, Tenis, Tinju, dan Triathlon.

Sedangkan nomor pertandingan non olimpiade yang diikuti Indonesia di SE Games 2022 Hanoi adalah Boling, Catur, Esports, Jujitsu, Kick Boxing, Pencak Silat, Sepak Takraw, Vovinam, dan Wushu.

Indonesia absen di nomor pertandingan bola tangan (indoor dan pantai), dancesport, petanque, kurash, futsal, biliar, tenis meja, muay thai, loncat indah, senam ritmik dan aerobik, binaraga, sepak bola putri.

5 nomor yang tidak diikuti Indonesia di SEA Games 2022 adalah pertandingan olahraga yang dilombakan di Olimpiade 2024, yaitu bola tangan indoor, tenis meja, loncat indah, senam ritmik, dan sepak bola putri. 

Situasi tenis meja di Indonesia memang sedang suram, karena perseteruan antara tiga organisasi berbeda yang masing-masing mengklaim sebagai pengurus resmi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun