Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Cara Rusia Meredam Hoaks yang Digemborkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

1 Maret 2022   14:18 Diperbarui: 1 Maret 2022   15:06 1142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Volodymyr Zelensky/foto.cnn.com

Informasi dari media-media Barat yang berpihak, membuat banyak fakta yang sebenarnya terjadi dalam konflik di wilayah Ukarina sering melenceng dalam pemberitaan yang beredar luas di seantero dunia.

Perusahaan media sosial raksasa berafiliasi Barat seperti Meta (Facebook) dan  YouTube (Google) malah dengan sewenang-wenang memblokade informasi dari pihak Rusia.

Sehingga terjadi ketidakseimbangan informasi dalam konflik Rusia dan Ukraina.

Akibatnya, propaganda ngawur dari pihak pemerintah Ukraina yang dipimpin Presiden Volodymyr Zelensky, malah dianggap sebagai kebenaran. Karena dibantu pemberitaan masif dari media-media Barat yang tendensius.

Presiden Volodymyr Zelensky pada hari Jumat pekan lalu (25/2) menggemborkan berita hoaks terkait masuknya militer Rusia di wilayah Pulau Zmiinyi yang terletak di Laut Hitam.

Zelensky dalam pidatonya mengucapkan bahwa ada 13 anggota marinir Ukraina yang menjaga Pulau Zmiinyi telah tewas dibantai pihak militer Rusia.

Presiden Zelensky menambahkan, bahwa serdadu Ukraina yang gugur di Pulau Zmiinyi dijadikan sebagai pahlawan nasional, dan diberikan medali kehormatan.

Masyarakat dunia pun geram, dan mengecam kekejian pihak Rusia setelah mendengar kabar dari Zelensky yang dulunya adalah aktor komedi.

Zmiinyi yang dikenal luas dengan nama Pulau Ular adalah pulau berbatu seluas 16 hektar milik Ukraina, terletak sekitar 300 km arah barat wilayah Crimea. 

Pulau Zmiinyi/foto: 123rf.com
Pulau Zmiinyi/foto: 123rf.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun