Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Atletik Artikel Utama

Mengenang Kejayaan Atletik Indonesia di Asian Games

29 Juli 2018   16:32 Diperbarui: 30 Juli 2018   02:35 5619
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sarengat (no.85) seusai memenangkan lomba lari 110 meter gawang/ dokpri repro buku manual Asian Games 1962

Nama Lalu Muhammad Zohri sedang viral karena prestasi fenomenalnya menjadi juara dunia junior lari 100 meter. Kesuksesan Zohri mencuatkan optimisme bahwa Indonesia punya potensi besar untuk berprestasi tingggi di cabang atletik Asian Games 2018.

Pada masa lampau, atlet atletik Indonesia sangat disegani di kawasan Asia.  Prestasi atletik Indonesia di Asian Games sudah mentereng sejak puluhan tahun lalu.  

Hingga Asian Games 2014, sudah 4 emas, 1 perak, 14 perunggu disumbangkan oleh para atlet atletik Indonesia. Jumlah medali yang diraih atletik Indonesia di Asian Games hanya kalah banyak dari raihan atlet bulu tangkis dan tenis.

6 Medali Perunggu di Era Awal Asian Games 

Medali pertama yang direbut kontingen Indonesia di ajang Asian Games berasal dari atletik. Dalam Asian Games I di New Delhi tahun 1951, sebanyak 5 perunggu direbut oleh atlet Indonesia yang semuanya berasal dari atletik. 

Hendrasin Hendramiharja melompat jangkit sejauh 14,24 meter, Maram Sudarmodjo melompat jauh 1,89 meter, AF Matulessy melempar lembing sejauh 48,99 meter, Annie Salamun melempar cakram hingga 25,43 meter. 

Sedangkan kuartet Darwati, Lie Djiang Neo, Triwulan dan Suriowati berlari kencang dalam waktu 54,4 detik di nomor estafet 4x100 meter. Hasil yang mereka raih tersebut menghasilkan 5 perunggu buat Indonesia di Asian Games tahun 1951. 

Tujuh tahun berselang, Karnah Soekarta merebut satu medali perunggu buat Indonesia dari atletik Asian Games di Tokyo. Karnah Soekarta melempar lembing dengan jarak 45,03 meter.

Sarengat Super Star Indonesia di Gelanggang Atletik Asian Games 1962

Mohammad Sarengat jadi super star di gelanggang atletik saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 1962. Saat itu Mohammad Sarengat meraih 2 medali emas dan 1 perunggu dalam nomor lari pendek. 

M.Sarengat memenangkan emas lari 100 meter setelah di final mencatatkan waktu 10,74 detik. Di final lari gawang 110 meter, Sarengat berlari sangat kencang paling depan dengan pencapaian waktu 14,42 yang memecahkan rekor lama Asian Games. Dalam final lari 200 meter, sprinter kelahiran Banyumas tersebut menempati peringkat ketiga setelah meraih waktu 21,65 detik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Atletik Selengkapnya
Lihat Atletik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun