Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Utak-atik Peluang Juara Grup Piala Dunia 2018

25 Juni 2018   15:43 Diperbarui: 25 Juni 2018   16:26 1224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seluruh tim peserta Piala Dunia 2018 sudah menyelesaikan pertandingan kedua grup. Sudah enam negara memastikan lolos ke babak 16 besar, yaitu Rusia, Uruguay,Prancis, Kroasia, Inggris dan Belgia. 

Sedangkan 8 negara peserta lainnya sudah dipastikan tersisih di fase grup, yakni Mesir, Arab Saudi, Maroko, Peru, Kosta Rika, Tunisia, Panama dan Polandia. 18 kontestan lainnya harus menanti hasil di pertandingan terakhir grup untuk dapat lolos ke babak knock out.

ilustrasi jersey kontestan Piala Dunia 2018/ espn.com
ilustrasi jersey kontestan Piala Dunia 2018/ espn.com
Match 3 grup Piala Dunia 2018 bakal menarik dinantikan, karena bakal ditentukan negara mana yang akan menjadi juara dan runner-up grup. Perebutan titel juara grup bisa menentukan langkah tim mana yang bisa melanjutkan kiprah lebih jauh. Setiap kesebelasan niscaya bakal menghindari lawan berat di babak 16 besar nanti.

Berikut utak-atik peluang juara grup Piala Dunia 2018. 

Grup A Piala Dunia 2018
Duel tuan rumah Rusia kontra Uruguay di Samara Arena menjadi pertandingan penentu juara grup A. Rusia tampil menawan di dua pertandingan sebelumnya dengan menghabisi Arab Saudi 5-0, serta melumat Mesir 3-1. Sedangkan Uruguay cukup kerepotan untuk mengalahkan lawan dalam dua pertandingan sebelumnya. Uruguay hanya menang 1-0 saat melawan Mesir dan Arab Saudi.

pemain Rusia tampil gemilang di fase grup Piala Dunia 2018/ fifa.com
pemain Rusia tampil gemilang di fase grup Piala Dunia 2018/ fifa.com
Berstatus sebagai tuan rumah, ambisi Rusia untuk merebut titel juara grup pasti lebih besar dibandingkan Rusia. Tetapi, pelatih Rusia Stanislav Cherchesov kemungkinan besar akan mengistirahatkan beberapa pemain pilar, agar mereka lebih fit dan juga terhindar dari larangan bermain di babak 16 besar.

Ada dua pemain Rusia yang telah mengantongi kartu kuning dan terancam absen main di babak 16 besar apabila terkena kartu lagi dalam laga melawan Uruguay, yaitu Aleksandr Golovin dan Fyodor Smolov. Sementara itu, dua pemain pilar Rusia lainnya, yakni Sergei Ignashevich serta Yuri Zhirkov usianya sudah terbilang tua, sehingga memerlukan waktu istirahat lebih lama setelah capek bertanding melawan Arab Saudi dan Mesir.

Tak ada pemain Uruguay yang mengantongi kartu kuning dalam dua pertandingan awal di Grup A yang memberikan keleluasaan bagi pelatih Oscar Tabarez untuk menurunkan formasi pemain terbaik. Namun, banyak pemain pilar Uruguay sudah berusia 31 tahun lebih yang memerlukan istirahat untuk memulihkan stamina, antara lain Diego Godin, Martin Caceres, Carlos Sanchez, Cristian Rodriguez, Luis Suarez, Edinson Cavani dan Fernando Muslera.

aksi Luis Suarez cetak gol dinanti kembali/ fifa.com
aksi Luis Suarez cetak gol dinanti kembali/ fifa.com
Pelatih kedua kesebelasan kemungkinan besar akan menurunkan beberapa pemain pelapis dalam pertandingan di Samara Arena malam nanti. Hasil imbang kemungkinan didapatkan oleh kedua tim.

Prediksi:
Rusia juara grup A, Uruguay runner-up Grup A.

Grup B Piala Dunia 2018
Spanyol dan Portugal sama-sama memenangkan pertandingan kedua grup B yang menguatkan peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar. Tetapi, Spanyol dan Portugal yang kini mengoleksi 4 poin masih belum aman dari incaran Iran yang siap habis-habisan untuk dapat ke fase knock out.

Kans Spanyol untuk memastikan lolos ke babak 16 besar relatif lebih mudah, karena di pertandingan terakhir grup menghadapi Maroko yang telah tersingkir. Hanya saja timnas Spanyol tak boleh terlena. Maroko dapat saja mengejutkan, tampil habis-habisan demi menjaga harga diri. Kekalahan dapat membuat Spanyol tersingkir, disalip oleh Portugal dan Iran.

Diego Costa bakal jadi andalan Spanyol cetak gol/ fifa.com
Diego Costa bakal jadi andalan Spanyol cetak gol/ fifa.com
Duel Iran versus Portugal di Mordovia Arena bakal jadi ajang hidup mati bagi kedua tim menentukan nasib apakah lolos atau tidak dari grup B. Timnas Iran sudah membuktikan diri punya permainan ciamik. Iran di pertandingan sebelumnya telah merepotkan Spanyol yang bertabur pemain bintang.

Iran dapat diuntungkan dengan adanya pelatih Carlos Queiroz yang pernah membesut timnas Portugal, sehingga kelemahan Portugal dapat dideteksi. Timnas Portugal juga terlalu menggantungkan permainan kepada kehebatan seorang Cristiano Ronaldo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun