yos mo
yos mo webpreneur

Lifestyle Sport Blogger Indonesia. _ _ _ hanya lelaki biasa penyuka olahraga yang gemar membaca dan bercerita lewat rangkaian kata. Hobby mendengarkan musik, bernyanyi, menari, berkomunitas, memaksimalkan potensi media sosial, menonton film, mengolah kurasi data-data. - - - - - - - - - Senang baca buku/majalah/tabloid/koran sejak Sekolah Dasar, mulai aktif menggunakan media sosial sejak tahun 2007, gemar membaca media online sejak 2008, mulai aktif menulis online diary sejak tahun 2010, mulai minat membaca Kompasiana sejak tahun 2011, mulai' berani' aktif menulis di Kompasiana sejak pertengahan tahun 2015.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Obituari & Klarifikasi: Peng(g)ubah 'Bintang Kecil'

29 Juli 2015   10:09 Diperbarui: 11 Agustus 2015   21:43 3328 26 20


Sekitar pukul 8 pagi ini saya mengetahui kabar duka yang dibagikan salah satu admin grup Facebook Bekasi Trendi mengenai wafatnya nenek Meinar Louis. Selang beberapa waktu, mendadak melintas di lini masa salah seorang sahabat membagikan foto-foto kenangan dari almarhumah Meinar Louis.  

Mungkin tak banyak orang lagi yang mengenal almarhumah Meinar Louis, tapi beliau adalah salah satu sosok penting yang membuat anak-anak pada era 1980-90an jadi ceria bergembira.

 

[ foto: Meinar; AT Mahmud; bu Fat, program 'Ayo Menyanyi' TVRI]

Meinar Louis sosok yang tak asing bagi anak-anak pada era 1980-90an tersebut, karena beliau sering hadir di TVRI sebagai pianis dalam program anak-anak ' Ayo Menyanyi', 'Lagu Pilihanku', 'Cerdas Cermat'. Saya sendiri pernah sekali bertemu langsung dengan beliau, yaitu saat mengikuti Cerdas Cermat kala masih sekolah di SDN Manggarai 09 Pagi.

Untuk lebih yakin tentang wafatnya Meinar Louis, saya mencoba menelusuri beberapa media nasional, dan ternyata kabar duka tersebut benar. INNALILLAHI WA'INNAILAHI ROJIUN... 

Sayangnya banyak media massa yang memberitakan bahwa almarhumah Meinar Louis adalah pencipta lagu fenomenal 'Bintang Kecil'. Dalam artikel highlight Kompasiana yang sedang saya kurasi saat ini, malahan ada salah seorang Kompasianer yang turut memberitakan bahwa Meinar Louis pencipta 'Bintang Kecil'.

Padahal pencipta lagu tersebut adalah Daljono yang merupakan ayah kandung komponis legendaris A.Riyanto.  Meinar Louis sendiri merupakan peng(g)ubah lagu 'Bintang Kecil', bukan penciptanya

Meinar Loeis Binti Imam Pamoentjak Nan Koening, wanita kelahiran Sijunjung,14 Mei 1930. Beliau dikenal sangat mencintai dunia anak-anak dan seni. Sejak tahun 1972, Meinar mengisi acara anak-anak 'Ayo Menyanyi' di TVRI sebagai pianis membawakan lag-lagu karya Pak A.T Mahmud, dengan pembawa acara Bu Fat. Setelah itu Meinar Louis mengisi berbagai acara anak-anak di TVRI dalam program 'Pramuka', 'Taman Indria', 'Ayo Menyanyi', 'Bintang Kecil', 'Cerdas Cermat', 'Bu Kasur'. Meinar Louis mengisi acara anak-anak di TVRI hingga tahun 2000. 

Setelah tak aktif lagi menjadi pianis di program acara di TVRI, Meinar Louis masih tetap mengiringi anak-anak bernyanyi dengan menyambangi satu TK ke TK lain. Nenek Meinar menghabiskan masa tuanya dengan mengajar di ‘delapan’ Sekolah Taman Kanak-Kanak sekaligus, antara lain TK Bintara 1 dan 4-Bekasi, TK Ade Irma dan TK Parkit-Tebet, TK Aisyah 13-Setia Budi, TK Budi Asih dan TK Asri-Halim.

Sejak beberapa bulan lalu, kondisi kesehatan nenek Meinar mulai memprihatinkan. Sejak tanggal 25 Juli lalu nenek Meinar dirawat intensif di RSCM, hingga ajal menjemput pianis legendaris Indonesia tersebut tanggal 28 Juli kemarin. Dan pada pagi ini almarhumah Meinar Louis dikebumikan di TPU Menteng Pulo. 

[ jenazah Meinar Louis di tempat persemayaman Jln. Padang no.20, Manggarai, Jakarta Selatan]

Pianis Legendaris TVRI itu telah tiada selamanya.. Selamat jalan nenek Meinar, nada-nada denting piano yang kau mainkan bakal selalu dikenang oleh banyak anak-anak Indonesia yang bahagia karena menonton acaramu. 

[foto-foto istimewa Meinar Louis: FB Jose Choa Linge]
[ referensi di Wikipedia: Pencipta Lagu 'Bintang Kecil ]
[ referensi di Wikibook: Penggubah Lagu 'Bintang Kecil' ]
[ Headline Kompasiana tahun 2012 yang tegaskan Daljono pencipta 'Bintang Kecil']