Mohon tunggu...
Alya Zahra
Alya Zahra Mohon Tunggu... Editor - Be Smart

Suka menulis sains, teknologi, dan dunia fauna.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Kata Turu yang Viral di Medsos Ternyata Bahasa Jawa, Ini Arti Sebenarnya

17 Mei 2022   10:45 Diperbarui: 17 Mei 2022   10:49 438 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Akhir-akhir ini kita sering menjumpai tulisan "turu" di media sosial TikTok, Twitter, Instagram, hingga Facebook. Bahkan istilah kata "turu" banyak dipakai juga di game online seperti Mobile Legends, PUBG, dan FF.

Kata ini begitu populer dan menjadi ragam istilah gaul anak muda zaman sekarang. Bagi yang belum tahu, kata turu ternyata berasal dari bahasa Jawa. Ya benar, turu merupakan kosakata Jawa Ngoko atau kasar yang umumnya digunakan untuk berkomunikasi dengan teman sebaya atau orang seumuran. Berikut ini penjelasan arti turu yang sebenarnya.

Arti Turu

Turu mengandung arti Tidur, kata ini merujuk pada makna tidur yang dilakukan siang atau malam hari. Itilah turu merupakan bahasa Jawa Ngoko yang umumnya diucapkan kepada orang yang seumuran atau sederajat. Kata turu tidak bisa dipakai untuk percakapan yang membutuhkan unsur kesopanan seperti ketika berbicara dengan orang tua.

Sebagai gantinya, Anda bisa memakai kata "Sare" (berarti turu juga) yang merupakan kosakata bahasa Jawa Krama Inggil (sifatnya sopan untuk dipakai kepada orang yang lebih tua / terhormat).

Arti Turu di Media Sosial & Game

Istilah turu di media sosial merupakan bentuk candaan untuk menyuruh orang istirahat, offline, atau tidur. Sedangkan di game, kata turu mengandung arti Karakter musuh mati, kalah, atau pemain lawan dianggap lemah sehingga turu di game berarti ejekan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan