Mohon tunggu...
Celsy Marola
Celsy Marola Mohon Tunggu... Mahasiswa - PGSD UPI BUMSIL 2020

Fakultas Ilmu Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Globalisasi di Masa Pandemi

14 Mei 2021   22:45 Diperbarui: 14 Mei 2021   23:48 164 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Globalisasi di Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"Globalisasi".

            Tentu sudah menjadi sebuah kata yang tidak asing lagi bagi kita. Globalisasi memang sudah melekat dan bergandengan dengan kehidupan kita, sehingga kita tentu tidak bisa lepas darinya.. Namun, tahukah kamu apa itu globalisasi? Apa saja sih dampaknya? Serta, bagaimana peran globalisasi di masa pandemi?

            Globalisasi berasal dari kata globalization, yaitu gabungan dari dua kata, yakni global (dunia) dan lization (proses). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi merupakan proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Berdasarkan penjabaran tersebut globalisasi bisa diartikan sebagai sebuah proses yang menjadi jembatan penghubung dunia dan menyebabkan keterikatan hubungan antar negara dan secara mendunia dalam segala aspek kehidupan. Adapun aspek-aspek yang terkena dampak globalisasi, antara lain aspek informasi dan teknologi, ekonomi, hukum, ilmu pengetahuan, politik, hingga sosial budaya.

            Selanjutnya, globalisasi memiliki berbagai dampak, baik dampak negatif maupun positif. Contoh dari dampak negatif, antara lain: 1) globalisasi menghasilkan pola hidup yang konsumtif; 2) menumbuhkan sikap individualistik; 3) kesenjangan sosial semakin menjadi-jadi; dan 4) menyebabkan meningkatnya kriminalitas. Sedangkan, dampak positif dari globalisasi, antara lain: 1) mempermudah dan memperlancar komunikasi; 2) membawa nilai-nilai yang bersifat universal; 3) meningkatkan kualitas kehidupan; dan 4) memudahkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi.

            Saat ini kita sedang dilanda pandemi, dimana kita diwajibkan untuk tetap berada di rumah dan melakukan kegiatan dari rumah. Bekerja dari rumah, belajar, dan bersekolah, dilakukan di rumah. Dengan adanya globalisasi, tentu menjadikan perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat, sehingga lebih memudahkan kita untuk bisa melalui masa kritis ini. Perkembangan teknologi tersebut, menghasilkan berbagai inovasi baru yang tentunya memberikan sensasi yang berbeda dari sebelumnya.

            Kita yang awalnya hanya belajar di sekolah, sekarang bisa menikmati kecanggihan teknologi dalam dunia pendidikan dari rumah. Walaupun kegiatan pembelajaran hanya dilakukan dari rumah, namun kegiatan tersebut tidak mengurangi semangat belajar para siswa. Dengan adanya globalisasi, akan memudahkan untuk mencari dan menemukan ide supaya bisa tetap mempertahankan semangat belajar para siswa, meskipun hanya di rumah saja.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x