Mohon tunggu...
Cellinca Nahariy Mazaya Augsah
Cellinca Nahariy Mazaya Augsah Mohon Tunggu... Psikolog - Mahasiswa

never give up!!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kamu Insecure? Insecure Dapat Menumbuhkan Sisi Positif loh

26 September 2021   15:01 Diperbarui: 27 September 2021   18:14 105 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pernah ngga sih kalian merasa kurang bersyukur terhadap apa yang tuhan berikan kepada kalian? Merasa kurang percaya diri terhadap apa yang kita punya, selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang terlihat lebih beruntung dari pada kita. 

Apakah pernah kalian merasa tidak ada gunanya, bodoh, bersalah, atau buruk rupa? Hal tersebut wajar kok banyak dari kita pernah merasakan insecure

Dalam sebuah penelitian banyak wanita di indonesia sekitar 38% sering melakukan perbandingan diri dengan orang lain, itu akan mempengaruhi dan menghalangi kita pada kegiatan sehari -- hari.

Insecure, satu kata yang menggambarkan seseorang kurang percaya diri, takut, cemas dengan lingkungannya. Akibatnya akan berdampak pada mental yang mana membuat kita menjadi stress, depresi, hingga mencoba melakukan bunuh diri. 

Banyak faktor yang menyebabkan kita merasa insecure yaitu fisik, pekerjaan, status sosial dan lain-lain. Adapun pengaruh munculnya insecure, termasuk penggunaan media sosial dimana orang berkomentar negatif tentang kekurangannya. 

Dan juga mungkin kita pernah merasakan trauma masa lalu, kegagalan, social anxiety, dan pikiran negatif tentang diri sendiri yang menyebabkan munculnya insecure. 

Rasa takut dianggap kurang oleh orang lain, yang membuat kita cemas dan takut. Dampaknya mungkin kalian akan menghindari untuk bersosialisasi karena merasa tidak nyaman. 

Pengalaman masa lalu yang mana kita merasa tidak semenarik itu atau tidak penting seperti, kehilangan pekerjaan, penolakaan dan lain-lain. Tetapi insecure yang kita rasakan juga mempunyai dampak positif loh,  

Menurut Habib Husein "Semua yang diberikan oleh Allah kepada kita itu adalah yang terbaik untuk kita". Jadi kita harus tetap berprasangka baik dan husnudzon

Allah berfirman dalam surat Al -- Baqarah ayat 216 :

"boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tidak baik bagimu. Alloh mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan