Mohon tunggu...
Celestine Patterson
Celestine Patterson Mohon Tunggu... Hoteliers - Hotelier: Hotel Management, Sales Leader, Management Hospitality

🍎Hotelier's Story : Pernak-Pernik Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2021). Warna-Warni Berkarir Di Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2022). Serba-Serbi Dunia Perhotelan by CL Patterson dkk (Galuh Patria, 2023). Admin of Hotelier Writers Community (9 June 2023 - present)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Ketika Melancong Menjadi Hobi Perempuan Solo Traveler

23 April 2021   21:27 Diperbarui: 24 April 2021   21:25 940
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi perempuan solo traveling (Foto: oleh anyaberkut via KOMPAS.COM)

Semasa kecil, ayah kerap mengajak saya berkeliling. Berkunjung ke rumah kawannya, pesiar, naik kereta api, hingga melancong ke luar kota.

Di perjalanan, saya bertanya tentang segala hal sambil makan permen cecak. Ia menerangkan dengan jelas.

Menginjak dewasa, saya gemar tamasya sendirian, apalagi bila ayah ke luar kota. Hobi melacak tempat asing, tak pernah terlewat. Ada keasyikan tersendiri.

"Miss, saya antar ke hotel, siap?" , ujar Sanjaya, sopir  yang baru kukenal dari seorang kawan. Ia menjemputku di bandar udara Internasional Kuching, Sarawak.

Setiba di hotel, ia memberikan kartu nama. "Miss kontak saye jika perlu" , katanya lagi sambil menyodorkan kartu nama.

Saya pikir ide bagus sebab saya ingin berkeliling di Kuching. Maklum pertama kali menginjak tanah Kuching. Saya menyanggupi, ia tersenyum senang.

Keesokan harinya, saya siap mengitari kota. Dari kejauhan Sanjaya datang dengan mobil merah marun, bersih nan mengkilap.

Beberapa tempat wisata ku singgahi, semua pembayaran telah disepakati berikut sewa mobil selama 8 jam. Saya mengunjungi Kuching Waterfront, Museum Kucing (cat museum), Fort Margherita, Taman Nasional Lahan Basah dll.

Melancong itu asyik kok. Perempuan solo traveler tetap berhati-hati (foto pixabay.com)
Melancong itu asyik kok. Perempuan solo traveler tetap berhati-hati (foto pixabay.com)

Menjelang petang, rasanya tenaga sudah terkuras. Saya pamit pada Sanjaya.

"Miss, boleh jumpa esok hari?", tanyanya.
"Saye dah usai esok, Bang" , sahutku
"Tak ape, no payment, saye nak beri komplimentari", ujarnya sambil tersenyum nakal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun