Mohon tunggu...
Patter
Patter Mohon Tunggu... Hotelier

ūüćéTulislah hal-hal berarti yang takkan pernah kau sesali kemudian

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Pengalaman Menyambut Kedatangan Presiden Jokowi di Hotel

12 April 2021   16:28 Diperbarui: 18 April 2021   06:24 929 79 37 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman Menyambut Kedatangan Presiden Jokowi di Hotel
Presiden Jokowi dalam rangka meresmikan 2 PLBN (setkab.go.id)

Hari itu, hari ke-3 saya baru bergabung dengan salah satu hotel di Pontianak, Kalimantan Barat. Manajemen hotel mendapat konfirmasi dari pasukan pengamanan presiden (Paspamres) bahwa Presiden Jokowi serta Ibu Iriana Jokowi akan bermalam di hotel.

Kedatangan Presiden Jokowi dalam rangka meresmikan 2 PLBN (Pos Lintas Batas Negara) yaitu PLBN Aruk di Kabupaten Sambas dan PLBN Nanga Badau Di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, seperti saya kutip dari Sekretariat Kabinet RI melalui situs setkab.go.id.

Seluruh gabungan keamanan dari jajaran Polda, TNI, melibatkan tim sekuriti hotel mulai melakukan sistem pengamanan terpadu.

Pengamanan meliputi setiap lantai kamar, area kantor, dapur, seluruh outlet; restoran, spa, kolam renang hingga lantai teratas (roof top). Manajemen tentu saja menghargai langkah pengamanan ini.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman perihal persiapan menyambut kedatangan Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Negara di hotel. Tak cukup hanya melakukan pengamanan, inilah langkah yang dilakukan hotelier sebagai persiapan:

1. Kebersihan hotel, kamar, dapur restoran harus dijamin higienis

2. Pemeriksaan mengolah makanan dan minuman, termasuk air mineral. Tiga petugas dari BPOM bertanggung jawab memeriksa seluruh makanan dan minuman yang akan disantap Presiden dan istri.

3. Pemeriksaan alat pemadam api ringan (APAR), genset, AC, dan seluruh perlengkapan terkait keamanan gedung dan keselamatan tamu. Termasuk validasi APAR di setiap lantai.

4. Tak luput fasilitas kesehatan sebagai pelengkap klinik harus lengkap tersedia. Semua ada dalam check list.

5. Melakukan pemotretan pas foto kepada setiap karyawan hotel. Kala itu jumlah karyawan lebih dari 150 orang. Pas foto setiap karyawan, nama lengkap dan departemen tercantum pada kartu indentitas. Digunakan satu hari sebelum kedatangan.

6. Menyiapkan dokumen blue print gedung hotel

Bagaimana suasana di lobi?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN