Mohon tunggu...
Celestine Patter
Celestine Patter Mohon Tunggu... Hotelier di Indonesia

Celestine Patterson: menulis, membaca artikel menarik, musik, melancong

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kasih Sayang

18 September 2020   18:45 Diperbarui: 18 September 2020   18:47 58 21 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kasih Sayang
Tradisi berulang tahun di kantor, refleksi sayang. hello CHM/*dokpri

Buah nyata kasih sayang antara lain keheningan pikiran; ketentraman jiwa, kesehatan tubuh, kebahagiaan hidup, kharisma pribadi; yang datang dengan sendirinya sepanjang manusia telah diselimuti kasih sayang dalam hidupnya.

Mengasihi alam semesta mudah diucapkan, tetapi prakteknya memerlukan latihan dengan tekun dan lama. Modal pokoknya adalah niat yang teguh dan berkorban. Liefde is een offer waard, kasih sayang adalah pengorbanan.

Hukum alam yang abadi

>> Hanya cinta yang dapat membuahkan cinta

>> Cinta yang menjadi sumber hidup alam semesta. Langkah-langkah yang harus ditempuh untuk sampai kepada cinta semesta (Universal love) yaitu menguasai diri sendiri, membuang egois, belajar berkorban demi kasih sayang, serta membuat dunia lebih baik daripada kemarin - make the world better than yesterday

Pemimpin harus mempunyai potensi untuk berbuat kasih sayang. Jika ia sendiri karakternya terpandang buruk dalam masyarakat, mustahil nasehatnya didengarkan orang. Jika ia sendiri keadaannya menyedihkan, mana mungkin ia menolong orang lain. Singkatnya orang harus mampu menolong dirinya sendiri barulah berpotensi untuk menolong orang lain. Urip iku urup, hidup itu jangan sekadar mementingkan urusan diri sendiri, tapi harus memberi manfaat bagi orang lain.

Pemberi  kasih sayang, menolong tanpa pamrih. Membersihkan batin dari kotoran sampah karena sirik, dendam, serakah dan kebencian. Dasar tindakannya yang utama ialah membuang rasa benci terhadap kebencian yang menggempur dirinya.

Ia menguasakan dirinya untuk menjadi manusia teladan. Pemberi kasih semesta tidak materialistis, bahkan cenderung hidup menonjolkan nilai-nilai rohani. Ia adalah wujud manusia yang adil. Sebab sebelum memilikinya, ia harus mampu bertindak adil. Memulai dengan menciptakan kerukunan dalam keluarganya sendiri. Kudu hade gogog hade tagog, hade omong bari hade lampah, papatah sunda yang artinya 'harus baik budi bahasa dan perilakunya serta  konsisten antara perkataan dan tingkah laku.

Mengasihi bukan memanjakan, sehingga orang lain terjerumus kepada hal yang tercela. Seorang pemberi kasih sayang mampu berkata 'tidak!  Mencintai tanpa mendidik seperti seorang ibu menyuapi makanan pada putrinya yang berusia 10 tahun. Piye iki? Tak heran. Banyak orang tua memanjakan dengan cara demikian.

Sikap yang serupa dengan kasih sayang terutama ialah watak sabar. Bisa menerima perlakuan orang lain bagaimanapun agresifnya, dengan pendirian. Orang yang tegang jika dilayani dengan ketegangan, akan berakibat antara lain:

* Keadaan semakin buruk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN