Mohon tunggu...
Celesta Eka Pramudita
Celesta Eka Pramudita Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030143

Hanya manusia berantakan, yang ingin mencoba untuk bebenah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sadisnya Permainan dari Gli Azzurri

19 Juni 2021   12:28 Diperbarui: 19 Juni 2021   12:46 223 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sadisnya Permainan dari Gli Azzurri
sumber: kompas.com

Pada pertandingan kedua laga Grup A Euro 2020 antara  Italia vs Swiss, yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, pada hari kamis (17/6/2021) dini hari WIB.

Italia sebagai salah satu tim favorit yang belum pernah terkalahkan di laga Euro 2020, dengan memiliki pengalaman di laga besar lainnya, itu memudahkan Italia untuk memenangi pertandingannya saat melawan tim Swiss.

Sebelumnya pada matchday pertama, kedua tim sudah memiliki hasil yang jauh berbeda, Gli Azzurri sukses mendapatkan poin penuh setelah melawan tim Turki dengan poin 3-0. Gli Azzurri adalah julukan bagi tim nasional (timnas) Italia. Salah satu tim yang paling disegani di seantero jagat dunia sepak bola. Karena pernah 4 kali menjadi juara Piala Dunia, yakni di tahun 1934, 1938,1982 dan 2006. Italia telah mengikuti Piala Dunia sebanyak 18 kali dan hanya absen 3 kali pada tahun 1930, 1958 dan 2018. Selain itu Italia juga pernah memperoleh juara Piala Eropa pada tahun 1968.

Jika diterjemahkan ke dalam kamus Bahasa Indonesia, Azzurri berarti biru, sesuai jersey yang di pakai timnas Italia. Tetapi uniknya tidak ada unsur dari bendera Italia, karena bendera Italia hanya berwarna merah, putih dan hijau. Menurut sejarah, warna tersebut berasal dari warna kebanggaan Savoia, keluarga kerajaan tertua yang menguasai Italia antara pada tahun 1861-1946. Meski keluarga Savoia telah runtuh dan tak ada lagi, Italia juga sudah menjadi negara rapublik, tetapi warna biru masih dipertahankan hingga sekarang.  

Italia belum pernah mengalami kekalahan di kota Roma dalam pertandingan-pertandingan Euro maupun Piala Dunia.

Sedangkan Swiss harus rela berbagi poin dengan Wales setelah bermain seri dengan perolehan poin 1-1.

Kini, di matchday ke-2 Euro 2020, Italia akan tentu lebih optimis dan berusaha tampil dengan maksimal saat melawan tim Swiss, guna mengamankan tiket menuju ke-16 besar. Gli Azzurri diketahui belum pernah kalah dengan Swiss dalam 7 laga terakhir yang mereka mainkan. Italia berhasil mencatatkan 4 kemenangan dengan 3 hasil imbang. Catatan rekor yang tentunya ingin mereka pertahankan di laga kali ini.

sumber: kompasbola.id
sumber: kompasbola.id

Di laga kali ini tim Swiss bermain defensif dan sangat berhati-hati menghadapi tim Italia, apalagi Italia memiliki catatan yang mengerikan di bawah Roberto Mancini dan Xherdan Shaqiri dkk, Swiss memilih bermain dengan penuh disiplin serta berhati-hati.

Disisi lain Italia juga memilih agar tidak terburu-buru dalam membangun seranganya ke gawang Swiss. Dengan penuh kesabaran dan ketekunan mereka memainkan bola dari kaki ke kaki, menuunggu celah dari lengah yang dibuat oleh pertahanan Swiss.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN