Mohon tunggu...
Cecilia RosaErmawan
Cecilia RosaErmawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Menyampaikan Opini dengan Tulisan

Mahasiswi FEB UNS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Botol Plastik Bisa Membawa Kita Keliling Surabaya?

19 Desember 2021   17:21 Diperbarui: 19 Desember 2021   18:11 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Peningkatan jumlah kendaraan yang cukup signifikan di kota-kota metropolitan di seluruh dunia mengakibatkan angka kemacetan yang terus naik, tingginya prosesntase kecelakaan dan penurunan kualitas udara yang sangat buruk untuk kesehatan. Emisi gas yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor tentu berakibat fatal untuk kesehatan pernapasan manusia dalam jangka panjang.

Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta di Indonesia. Surabaya juga pasti tidak lepas dari masalah klasik diatas seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia bahkan di dunia. 

Maka pada tahun 2018, Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan Suroboyo Bus sebagai salah satu bentuk upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Suroboyo Bus merupakan layanan transportasi publik  yang dilengkapi dengan fasilitas modern dan terkini untuk memudahkan warga surabaya dan sekitarnya dalam bermobilisasi setiap harinya.

Suroboyo Bus didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan trasnportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan dapat digunakan oleh siapa saja termasuk kaum disabilitas dan lansia. Suroboyo Bus memiliki fitur dan kebijakan serta sarana penunjang yang mendukung misinya untuk mendorong masyarakat beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke layanan transportasi publik. 

Halte terintegrasi, Park and Ride, Aplikasi Go Bus, cashless payment via dompet digital, kebijakan pemisahan penumpang laki-laki dan perempuan, hidrolic door yang memudahkan penumpang dengan kursi roda atau lansia untuk naik bahkan pembayaran dengan mengunakan botol plastik adalah berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Suroboyo Bus

Aplikasi Go Bus memudahkan kita menentukan jadwal keberangkatan dan rute yang akan kita tempuh, serta mencari halte terdekat dengan tempat kita tinggal.

Apakah harus membayar lagi jika menumpang lebih dari 1 bis dalam perjalanan kita ke tempat tujuan? Jawabannya adalah tidak. Dengan halte yang terintegrasi, kita dapat berganti lebih dari 1 bus untuk sampai ke tempat tujuan tanpa harus takut terlambat dan membayar lagi. Ya, Suroboyo Bus mempunyai kebijakan bahwa penumpang tidak perlu lagi membayar untuk berganti bus dalam kurun waktu kurang dari 2 jam.  

Apakah kita akan kesusahan untuk mencari tempat parkir apabila kita ingin menikmati fasilitas Suroboyo Bus tetapi kita membawa kendaraan pribadi karena rumah kita terbilang cukup jauh dari halte bus? 

Jawabannya tentu saja tidak. Park And Ride adalah salah satu fasilitas penunjang Suroboyo Bus yang disediakan oleh Pemerintah Kota Surabaya guna mempermudah warga yang harus mengendarai kendaraan pribadi terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan Suroboyo Bus karena jarak tempat tinggal dan halte cukup jauh. 

Park and Ride dilengkapi dengan fasilitas parkir sepeda, sepeda motor, dan mobil yang diawasi oleh CCTV selama 24 jam. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi dengan kendaraan kita selama kita melanjutkan perjalanan dengan Suroboyo Bus. Park and Ride juga merupakan salah satu halte terintegrasi, sehingga kita tidak perlu lagi berjalan kaki setelah kita memarkir kendaraan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun