Mohon tunggu...
Cecilia Hana
Cecilia Hana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra

Tertarik dengan segala hal fantasy, seni dan buku.

Selanjutnya

Tutup

Home Pilihan

Tips Memilih Beragam Material Interior untuk Beragam Suasana Ruang!

22 November 2022   13:03 Diperbarui: 23 November 2022   00:46 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Photo from behance.net, Modern Living Room)


Tahukah Anda material interior sangat mempengaruhi suasana ruang yang tercipta, kok bisa ?

Suasana ruang adalah salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan agar tercipta ruang yang nyaman bagi penggunanya. Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda mengenai suasana ruangan yang nyaman. Ada beberapa orang yang mendeskripsikan suasana ruang yang nyaman dengan ruangan yang minimalist, clean, dan luas. Ada yang nyaman dengan suasana alami, hangat, ada juga yang nyaman dengan ruangan dingin, megah dan mewah.

Beragam cara dapat digunakan dalam perencanaan interior untuk menciptakan suasana ruang nyaman yang sesuai keinginan penggunanya. Mulai dari dengan memilih warna yang tepat sesuai psikologi warna, memilih bentuk elemen pengisi ruang untuk mendukung suasana didalamnya, dekorasi yang digunakan serta pemilihan material interior yang tepat.

Setiap material interior yang digunakan mempengaruhi suasana ruang yang tercipta. Hal itu dikarenakan setiap material memiliki karakter kekhasannya sendiri dalam membangun suasana interior ruang baik itu dari segi bentuk, tekstur, maupun warna.

Hal ini di dukung oleh J. Pamudji Suptandar (Suptandar 1999), yang menyatakan bahwa bahan material yang dipakai akan berpengaruh terhadap persepsi pembentukan suasana ruang.

Oleh karena itu, diperlukan kepekaan dan kreativitas dalam memadukan beragam material elemen interior agar sesuai dengan suasana ruangan yang diinginkan.

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk memilih material interior yang tepat sesuai dengan suasana ruang yang ingin Anda hadirkan :

LANTAI : 

  • SUASANA RUANG HANGAT

(Photo from Pinterest, medium.com)
(Photo from Pinterest, medium.com)
Jika Anda ingin menciptakan suasana ruangan yang hangat, Anda dapat memanfaatkan material penutup lantai seperti karpet, parket, jalur kayu, serat kayu, vinyl dan sebagainya yang akan mendukung suasana ruangan yang hangat.

Hal ini dikarenakan finishing dari material ini dominan bertekstur serta berwarna hangat seperti cokelat, merah atau abu-abu yang memberi suasana ruang yang hangat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun