Mohon tunggu...
Cecep Gaos
Cecep Gaos Mohon Tunggu... Guru pecinta literasi

Guru Kota Padi

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

"Walkback", Istilah Tebaru dalam Dunia Blog yang Perlu Kita Ketahui

16 April 2020   13:38 Diperbarui: 16 April 2020   13:46 31 7 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Walkback", Istilah Tebaru dalam Dunia Blog yang Perlu Kita Ketahui
Walkback (Dok. Cecep Gaos)

Halo para Kompasianer di seluruh Indonesia!

Apa kabar semuanya? Semoga senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah Swt., Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga wabah Covid-19 segera berlalu.

Izinkan saya untuk berbagi informasi tentang istilah terbaru dalam dunia blog yang perlu kita ketahui.

Kesuksesan kita dalam melakukan blogging atau nge-blog bergantung pada seberapa jauh pemahaman kita tentang istilah-istilah yang berlaku atau digunakan dalam dunia blog, salah satunya istilah "WALKBACK". Istilah walback ini merupakan istilah baru hasil dari "kontemplasi" atau perenungan saya ketika melakukan blogging.

Lalu apa itu "walkback"?

Sebelum saya menggambarkan atau menjelaskan apa itu "walkback", saya akan memberikan informasi terlebih dahulu tentang istilah-istilah dasar yang ada dalam dunia blog.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah istilah-istilah dalam dunia blog yang telah ada selama ini .

1. Blog

Blog merupakan singkatan dari Web log yang merupakan sebuah halaman situs web online yang berisi tulisan-tulisan atau catatan-catatan yang disusun berdasarkan tanggal dan waktu.

2. Blogger


Pengertian pertama: sebutan bagi pemilik blog atau seseorang yang mengelola blog.
Pengertian kedua: platform blog yang dimiliki dan dikelola oleh Google (blogger.com).

3. Blogging

Blogging adalah segala kegiatan atau aktivitas seorang blogger dalam dunia blog. Dalam bahasa Indonesia, blogging dapat diartikan sebagai "Ngeblog".

4. Blogspot

Blogspot merupakan layanan blog gratis milik Google (blogspot.com)

5. AdSense

Adsense merupakan program penayangan iklan yang dimiliki oleh Google. Kita dapat mendaftarkan blog yang kita miliki sebagai publisher atau penerbit AdSense dengan syarat dan ketentuan tertentu. Dengan menjadi penerbit AdSense, kita akan dibayar oleh Google dari setiap iklan yang diklik oleh pengunjung. Sistem ini disebut dengan Pay Per Click (PPC).

6. Niche Blog

Niche blog merupakan istilah untuk topik atau pokok yang dibahas dalam sebuah blog. Contohnya blog yang membahas tentang pendidikan, masakan, otomotif, games, dan lain sebagainya.

7. Label

Label merupakan kategori untuk mengelompokkan suatu artikel dalam blog yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Label ini untuk memudahkan kita dalam mencari sebuah artikel dalam halaman blog dengan topik atau bahasan tertentu.

8. Domain

Domain merupakan sebuah nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan atau mengenali sebuah website atau blog pada jaringan Internet. Contohnya www.cecepgaos.com, www.literahati.com, www.infodidaktik.com dan lain sebagainya.

9. TLD

TLD merupakan singkatan dari Top Level Domain. Dalam hal ini, blog yang digunakan adalah blog yang sudah menggunakan domain berbayar alias tidak gratis, seperti .com, .sch, .co.id, dan lain sebagainya.

10. Hosting

Hosting merupakan dalam komputer yang digunakan untuk menyimpan file sebuah website atau blog. Hosting juga digunakan sebagai tempat atau jasa internet untuk membuat sebuah halaman website atau blog secara online agar bisa diakses oleh orang lain.

11. SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu usaha untuk mengoptimalkan sebuah website atau blog dalam mesin pencari atau search engine, seperti Google, Yahoo, dan Bing, yang dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu.

12. Link

Link merupakan URL yang terdapat pada sebuah teks atau gambar.

13. Backlink

Backlink merupakan sebuah link yang berasal dari luar yang mengarah ke blog kita. Semakin banyak backlink yang didapat, maka semakin meningkat SEO blog kita.

14. Template

Template merupakan rangkaian pola atau desain dalam sebuah blog. Fungsi Template adalah untuk mengatur tampilan blog.

15. DA/PA

DA merupakan kepanjangan dari Domain Authority. Sedangkan PA merupakan kepanjangan dari Page Authority. DA/PA berperan dalam SEO atau Search Engine Optimazion. DA/PA berfungsi untuk memberikan informasi tentang sejauh mana kualitas blog kita di mata mesin pencarian (search engine), seperti Google, Yahoo, dan Bing.


PA merupakan gambaran rangking atau posisi blog kita di mesin pencarian, sedangkan DA lebih pada kekuatan blog yang dipengaruhi oleh seberapa lama usia blog kita, seberapa banyak jumlah konten atau bahkan seberapa populer blog kita.

Untuk mengetahui berapa score DA/PA blog kita, kita bisa menggunakan layanan pemeriksa DA/PA salah satunya kita bisa mencobanya DI SINI.

16. Blogosphere

Blogosphere merupakan kata lain dari dunia blogging.

17. HTML

HTML merupakan dari Hyper Text Markup Language. HTML merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website atau blog. HTML biasanya berisi sekumpulan perintah sebagai sebuah tampilan dengan format tertentu.


18. Laman

Laman atau page merupakan fitur dalam Blogger atau Blogspot untuk mempublikasikan informasi statis yang ditampilkan dalam halaman blog dan muncul tersendiri menjadi sebuah menu.

19. Meta Tag

Meta tag merupakan kode HTML yang berguna untuk mendeskripsikan sebuah halaman blog kepada mesin pencari agar memudahkan pengindeksan. Meta tag biasanya berisi tentang deskripsi dan keyword sebuah blog.

20. Favicon

Favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon. Favicon merupakan istilah untuk menyebut ikon sebuah situs website atau blog. Biasanya ikon ini muncul pada tab browser atau address bar browser.

21. Header

Header merupakan bagian paling atas halaman blog. Header ini biasanya menampilkan nama atau logo sebuah blog.

22. Footer

Footer merupakan bagian paling bawah halaman blog. Footer ini biasanya diisi dengan berbagai widget ataupun atribut credit dari website atau blog.

23. Unique Visitor

Unique visitor merupakan jumlah pengunjung yang masuk ke suatu blog dalam waktu tertentu. Unique visitor berbeda dengan total visitor. Misalnya ada 4 orang masuk ke blog kita pada hari yang sama. Dari 4 orang tersebut, 2 orang berkunjung sebanyak 2 kali dan keduanya membuka 5 halaman blog.  Berarti unique visitor pada hari tersebut ada 4 orang. Total visitornya berjumlah 6 (karena 2 orang berkunjung sebanyak 2 kali ditambah 2 orang yang berkunjung sebanyak 1 kali dalam satu hari).

24. Click Bait

Click Bait adalah judul headline bombastis yang menarik pembaca.  Click Bait dirancang untuk menjadi sensasional sehingga bisa menjadi magnet yang membawa orang ke halaman suatu website atau blog.

25. Blogwalking

Blog walking merupakan kegiatan jalan-jalan atau mengunjungi di blog orang lain dengan tujuan untuk menanamkan backlink dengan meninggalkan jejak berupa komentar yang disematkan link di dalamnya.

Selain 25 istilah-istilah tersebut, ada istilah lain yang saya temukan dalam dunia blog. Istilah ini merupakan hasil kontemplasi atau perenungan saya saat melakukan blogging, yaitu "Walkback"

Walkback merupakan feedback atau umpan balik dari kegiatan blogwalking yang kita lakukan atau dapatkan. Sederhananya walkback adalah mem-blogwalking balik. Walkback ini barangkali bisa dipadankan dengan istilah follback (follow back) dalam dunia instagram.

Walkback ini perlu dilakukan agar terjadi simbiosis mutualisme (hubungan yang saling menguntungkan) antar para blogger. Isitlah walkback ini sedang dikenalbudayakan di Komunitas Blogwalker Indonesia (KBWI).

Demikianlah istilah-istilah dalam dunia blog yang perlu kita ketahui agar kita menjadi blogger yang sukses di kemudian hari.

Semoga bermanfaat.

Tulisan ini telah tayang di blog pribadi Cecep Gaos.



Sumber: Kuliah KomputerMostly Blogging, Valandstories

VIDEO PILIHAN