Mohon tunggu...
Catur Cahyoko
Catur Cahyoko Mohon Tunggu... Penulis - Fresh Graduate S1 Teknik Pertanian

Saat ini baru lulus dari jenjang S1, dan mencoba terjun dunia penulisan

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Tips Mengelola Keuangan Usaha untuk Pemula

30 Juli 2021   08:00 Diperbarui: 30 Juli 2021   10:35 51 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Mengelola Keuangan Usaha untuk Pemula
Mengelola Keuangan, Sumber: freepik.com

Tips Mengelola Keuangan Usaha Untuk Pemula -- Dalam menjalankan usaha, kita memerlukan berbagai persiapan termasuk dalam mengelola keuangan yang ada. Pengelolaan keuangan jadi salah satu bagian yang sangat penting demi keberlangsungan usaha. Lalu bagaimana pengelolaan keuangan yang sebaiknya kita lakukan? Berikut sedikit tips dalam mengelola keuangan usaha untuk pemula.

  1. Membuat Pembukuan

Dalam membuat usaha, pembukuan menjadi hal yang sangat penting. Pembukuan adalah proses mencatat yang pemilik lakukan secara teratur. Pencatatan ini berkaitan dengan pengumpulan data dan informasi yang berkaitan dengan keuangan. Informasi keuangan ini berkaitan dengan harta, kewajiban, penghasilan, modal, dan pengeluaran. 

Pembukuan sangat membantu pemilik usaha untuk memantau jalannya usaha. Proses pembukuan dapat menunjukkan besaran pengeluaran dan pemasukan berlangsung. Pengeluaran dan pemasukan ini muncul karena jalannya usaha.  Dengan pembukuan kita juga bisa mengecek apakah ada kesalahan dalam arus keuangan yang berlangsung. 

  1. Tepat waktu pembayaran tagihan

Dalam menjalankan usaha tentu akan ada beberapa tagihan yang muncul. Tagihan ini bisa seperti tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon, ataupun tagihan internet. Sebagai pengusaha, adanya tagihan yang belum lunas dapat menghambat jalannya usaha. 

Jika tagihan tidak segera anda bayarkan, maka dapat membuat ada tagihan baru yang muncul seperti adanya denda. Denda ini jika tidak segera kita bayarkan maka jumlahnya dapat terus bertambah. Oleh karena itu, sebaiknya anda segera membayarkan tagihan anda agar tidak membebani anda untuk selanjutnya. 

  1. Dapat Membedakan uang pribadi dan usaha

Sebagai pengusaha, membedakan usaha dan uang pribadi menjadi hal yang sangat penting. Uang milik pribadi tidak boleh kita campur adukan dengan uang usaha. Hal ini agar pembelajaan juga dapat kita bedakan. Terkadang tanpa kita sadari, uang belanja yang seharusnya menggunakan dana pribadi justru menggunakan dana uang usaha jika tidak kita pisahkan. 

Anda sebaiknya menghindari mencampurkan uang pribadi dan uang usaha tersebut. Hal ini untuk menghindari usaha yang kita kelola kekurangan dana. Memisahkan antara uang pribadi dan uang usaha akan membuat manajemen keuangan usaha lebih mudah kita kontrol untuk kedepannya. 

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN