Mohon tunggu...
Catherin YMT
Catherin YMT Mohon Tunggu... Female

An INFP Woman*Chocoholic*Pink Lover*Potterhead*Book Worm* Central Banker - Economic Analyst Email: catherinymt@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Pilihan Warna Menentukan Image Sebuah Brand

20 Juni 2019   15:11 Diperbarui: 21 Juni 2019   19:12 0 10 3 Mohon Tunggu...
Pilihan Warna Menentukan Image Sebuah Brand
www.kimbodesign.ca

Penyuka warna merah muda lekat dengan image yang manis, romantis, penuh kelembutan dan kasih sayang. Sedangkan warna hitam mewakili kepribadian yang elegan, tenang, dan sedikit misterius. Begitulah biasanya kita membaca kepribadian seseorang berdasarkan warna pilihannya. 

Bila itu tadi bicara tentang individu, sekarang mari kita menelisik pemilihan warna dalam menentukan image yang ingin dibangun oleh sebuah merk atau entitas bisnis

Sebuah warna dapat memberikan kesan dan melekat di ingatan bagi orang yang melihatnya. Karena itu menjadi penting bagi sebuah entitas bisnis untuk menentukan warna yang akan digunakan dalam mendesain logo dan materi pemasaran mereka. Warna yang dipilih memiliki filosofi tentang bagaimana sebuah perusahaan ingin dikenal oleh stakeholder mereka.

Warna Biru
Warna biru memberikan image terpercaya, dapat diandalkan, aman, dan bertanggungjawab. Makanya tidak heran jika banyak entitas bisnis, terutama yang bergerak di bidang jasa dan keuangan (mis: perbankan), memilih warna biru sebagai image perusahaan mereka. 

Beberapa perusahaan terkenal yang mem-branding diri dengan warna biru, dari dalam negeri ada BCA, BRI, Bank Mandiri, Garuda Indonesia, dan Telkom. Sedangkan dari luar negeri ada Unilever, Facebook, Samsung, dan Ford.

Warna Merah
Perusahaan yang memilih warna merah sebagai branding rupanya ingin memberikan kesan bersemangat kepada stakeholder mereka. Sehingga diharapkan semangat yang sama akan menular kepada orang lain khususnya konsumen mereka. 

Karena itulah warna merah cukup banyak dipilih oleh perusahaan manufaktur dan dagang. Contoh perusahaan yang lekat dengan image warna merah adalah Coca-Cola, Youtube, KFC, Telkomsel, dan Mitsubishi.

Warna Hijau
Hijau identik dengan kesegaran, kesehatan, dan ketulusan. Menurut penelitian, warna hijau juga merupakan warna yang paling mudah dicerna oleh mata. Karena kesan itulah, warna hijau umumnya dipilih oleh perusahaan yang menjual produk berupa makanan segar maupun produk layanan kesehatan. 

Contoh perusahaan yang memakai warna hijau antara lain Starbucks, Gojek, Sprite, Whole Foods, Tokopedia, Android, dan Acer.

Warna Kuning
Warna kuning menghadirkan nuansa keceriaan dan rasa optimis. Warna kuning juga biasanya dapat langsung menarik perhatian, walaupun dilihat dari jauh. Beberapa merk terkenal yang memakai logo dengan warna dominan kuning antara lain DHL, Shell, McDonalds, Nikon, National Geographic, dan Bank Commonwealth.

Warna Pink (Merah Muda)
Warna yang menggambarkan kelembutan dan kasih sayang ini memang lekat dengan image feminin. Karena itulah perusahaan-perusahaan yang menjual produk yang ditujukan untuk perempuan biasanya memilih warna ini sebagai image mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x