Mohon tunggu...
Catherin YMT
Catherin YMT Mohon Tunggu... Bankir - Female

An INFP Woman*Chocoholic*Pink Lover*Potterhead*Book Worm* Central Banker - Economic Analyst Email: catherinymt@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Pilihan Warna Menentukan Image Sebuah Brand

20 Juni 2019   15:11 Diperbarui: 21 Juni 2019   19:12 1483
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyuka warna merah muda lekat dengan image yang manis, romantis, penuh kelembutan dan kasih sayang. Sedangkan warna hitam mewakili kepribadian yang elegan, tenang, dan sedikit misterius. Begitulah biasanya kita membaca kepribadian seseorang berdasarkan warna pilihannya. 

Bila itu tadi bicara tentang individu, sekarang mari kita menelisik pemilihan warna dalam menentukan image yang ingin dibangun oleh sebuah merk atau entitas bisnis. 

Sebuah warna dapat memberikan kesan dan melekat di ingatan bagi orang yang melihatnya. Karena itu menjadi penting bagi sebuah entitas bisnis untuk menentukan warna yang akan digunakan dalam mendesain logo dan materi pemasaran mereka. Warna yang dipilih memiliki filosofi tentang bagaimana sebuah perusahaan ingin dikenal oleh stakeholder mereka.

Warna Biru
Warna biru memberikan image terpercaya, dapat diandalkan, aman, dan bertanggungjawab. Makanya tidak heran jika banyak entitas bisnis, terutama yang bergerak di bidang jasa dan keuangan (mis: perbankan), memilih warna biru sebagai image perusahaan mereka. 

Beberapa perusahaan terkenal yang mem-branding diri dengan warna biru, dari dalam negeri ada BCA, BRI, Bank Mandiri, Garuda Indonesia, dan Telkom. Sedangkan dari luar negeri ada Unilever, Facebook, Samsung, dan Ford.

Warna Merah
Perusahaan yang memilih warna merah sebagai branding rupanya ingin memberikan kesan bersemangat kepada stakeholder mereka. Sehingga diharapkan semangat yang sama akan menular kepada orang lain khususnya konsumen mereka. 

Karena itulah warna merah cukup banyak dipilih oleh perusahaan manufaktur dan dagang. Contoh perusahaan yang lekat dengan image warna merah adalah Coca-Cola, Youtube, KFC, Telkomsel, dan Mitsubishi.

Warna Hijau
Hijau identik dengan kesegaran, kesehatan, dan ketulusan. Menurut penelitian, warna hijau juga merupakan warna yang paling mudah dicerna oleh mata. Karena kesan itulah, warna hijau umumnya dipilih oleh perusahaan yang menjual produk berupa makanan segar maupun produk layanan kesehatan. 

Contoh perusahaan yang memakai warna hijau antara lain Starbucks, Gojek, Sprite, Whole Foods, Tokopedia, Android, dan Acer.

Warna Kuning
Warna kuning menghadirkan nuansa keceriaan dan rasa optimis. Warna kuning juga biasanya dapat langsung menarik perhatian, walaupun dilihat dari jauh. Beberapa merk terkenal yang memakai logo dengan warna dominan kuning antara lain DHL, Shell, McDonalds, Nikon, National Geographic, dan Bank Commonwealth.

Warna Pink (Merah Muda)
Warna yang menggambarkan kelembutan dan kasih sayang ini memang lekat dengan image feminin. Karena itulah perusahaan-perusahaan yang menjual produk yang ditujukan untuk perempuan biasanya memilih warna ini sebagai image mereka. 

Selain feminin, warna pink juga menggambarkan kemudaan dan sesuatu yang menyenangkan. Contoh yang bisa kita lihat adalah Victoria Secrets, Wacoal, Barbie, dan Dunkin Donuts.

Warna Ungu
Warna ungu sering dikaitkan dengan kebijaksanaan atau imajinatif. Warna ini mampu memberikan kesan yang menenangkan, seperti halnya bunga lavender yang memberi efek demikian. 

Karenanya warna ungu juga pas untuk sesuatu yang berhubungan dengan nostalgia dan perasaan sentimental. Pemilihan warna ungu mungkin tidak sebanyak warna lainnya, namun kita dapat menemukan beberapa brand terkenal yang menggunakannya, antara lain Yahoo, Hallmark, Bank Muamalat, dan BenQ.

Warna Oranye
Warna oranye menggambarkan keramahan, dan dipercaya dapat meningkatkan loyalitas konsumen kepada brand yang memakainya. Warna oranye yang lebih lembut sangat cocok digunakan untuk bisnis salon kecantikan, restoran, bahkan rumah sakit. 

Contoh merk terkenal dengan warna dominan oranye adalah Hermes, Nickelodeon, TNT, Eiger, dan JCO.

Warna Hitam 
Jika kamu menginginkan image yang elegan dan mewah, warna hitam lah yang harus kamu pilih. Karena image itu pula, maka produk-produk mahal (luxurious) biasanya menggunakan warna hitam sebagai branding mereka. Contohnya: Chanel, Sony, Nike, Adidas, Louis Vuitton, dan Tom Ford.

Warna Putih
Warna putih menggambarkan kejujuran, tidak ada sesuatu yang disembunyikan. Warna ini mengisyaratkan kemurnian dan kebersihan. Contoh logo paling terkenal dengan warna putih adalah Apple.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun