Mohon tunggu...
Catherin YMT
Catherin YMT Mohon Tunggu... Female

An INFP Woman*Chocoholic*Pink Lover*Potterhead*Book Worm* Central Banker - Economic Analyst Email: catherinymt@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

10 Cara agar Tidak Kehabisan Ide Kreatif

19 Juni 2019   23:35 Diperbarui: 20 Juni 2019   00:29 0 5 3 Mohon Tunggu...
10 Cara agar Tidak Kehabisan Ide Kreatif
artfulparent.com

1. Banyak-banyaklah menghayal
Kita tau banyak hasil karya dari orang-orang kreatif lahir dari khayalan mereka. Walt Disney, suatu hari berkhayal ingin membuat sebuah taman bermain yang luas. Khayalannya itu pun akhirnya benar-benar terwujud. 

Taman bermain yang ia gagas itu kemudian dinamakan Disneyland. Saat ini Disneyland telah dibuka di berbagai negara di dunia, dan dijuluki sebagai "The Happiest Place In The World". Mau jadi sekreatif Disney? Banyak-banyaklah menghayal. Karena menghayal itu gratis loh.

2. Lakukan sesuatu yang berbeda
Kalau biasanya kamu berangkat ke kantor menggunakan mobil pribadi, cobalah sesekali untuk memakai cara yang berbeda. Misalnya naik KRL atau MRT. Bila ada di kota kecil, cobalah berjalan kaki atau naik sepeda. 

Sepanjang jalan kalian akan menemukan hal-hal baru yang jarang kamu lihat sebelumnya. Temukan hal unik yang bisa kamu jadikan sebagai bahan tulisan, lagu, atau ciptakan suatu aplikasi baru yang berguna bagi para komuter dan pejalan kaki.

3. Catat setiap ide yang terpikirkan
Kadang-kadang yang namanya ide suka datang tiba-tiba. Inspirasinya bisa dari mana saja dan tidak mengenal waktu. Agar ide-ide itu tidak terlupakan begitu saja, biasakanlah untuk mencatatnya. 

Bila kamu tidak suka membawa catatan kemana-mana, kamu bisa memanfaatkan fitur notes di handphone. Bila suatu saat kamu kehabisan ide, catatan itu akan sangat berguna sebagai inspirasi.

4. Bertukar pikiran dengan orang lain
Jangan pernah membatasi diri dalam belajar, karena kita bisa mendapatkan ilmu dari siapapun. Sebuah ide yang didiskusikan dengan orang lain akan lebih mudah untuk diimplementasikan. Bagaimanapun, beberapa kepala yang berpikir lebih baik daripada 'mentok' sendirian.

5. Membaca buku atau majalah
Orang yang banyak membaca akan menyerap segudang pengetahuan dari buku yang dibacanya. Umur kita tak akan cukup untuk mengalami semua hal dalam hidup ini, tapi kita tetap bisa merasakannya lewat pengalaman dan pikiran orang lain yang kita baca lewat buku.

6. Melihat pertujukan seni
Bila waktu sedang senggang, cobalah sesekali untuk memanfaatkannya dengan memonton pertunjukan seni atau mengunjungi pameran dan museum. Tempat-tempat tersebut berisi banyak karya yang lahir daro orang-orang kreatif. Mudah-mudahan dari sana kamu mendapatkan inspirasi dan menjadi orang kreatif berikutnya.

7. Mengamati orang sekitar
Banyak ide yang bisa muncul saat kamu mengamati aktivitas orang lain. Karena tidak ada satu pun orang di dunia ini yang sama. Keunikan orang-orang yang kamu amati nantinya dapat menjadi sumber ide dalam menulis atau menciptakan sesuatu.

8. Jadilah orang aneh
Jangan malu untuk tampil nyeleneh dibandingkan orang sekitarmu. Karena lampu sorot akan selalu mengarah ke orang-orang yang berani tampil beda. Orang kreatif memang seringkali terlihat aneh, tapi justru itulah yang menjadikan mereka istimewa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x