Ekonomi

Menghasilkan Uang dari Instagram

16 April 2018   14:54 Diperbarui: 16 April 2018   15:03 217 1 0

Banyak cara untuk menghasilkan uang lewat Instagram, terlebih akun Instagram kamu punya banyak followers.

Punya banyak followers memang syarat utama untuk bisa menghasilkan uang di Instagram, dengan catatan followers kamu itu benar-benar real manusia, bukan followers robot atau akun yang dibikin hanya untuk mem-follow setelah itu diam seribu bahasa lalu pergi meninggalkan luka kecil dihati ini.

Berikut adalah beberapa kegiatan usaha yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang lewat Instagram.

1. Online Shop.

Jualan produk atau jasa lewat Instagram bisa saya katakan pilihan yang tepat. Karena platform sosial media besutan Kevin Systrom dan Mike Krieger (Burbn, Inc.) memiliki fitur yang mendukung untuk mengelola kegiatan usaha kamu.

Beberapa fitur gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa melalui media sosial yang sekarang dimiliki Facebook ini adalah :

- Share Foto : Manfaatkan fitur ini untuk meng-update foto produk kamu.

- Share Video : Membuat video pendek atau Vlog dengan durasi 60 detik bisa kamu gunakan untuk mendukung kegiatan usaha kamu.

- Tagar (#) : Tulis beberapa kata kunci yang menarik, untuk memudahkan orang lain menemukan produk kamu.

- Story :Buatlah cerita pendek seputar produk yang kamu promosikan dalam bentuk tulisan, gambar atau video berdurasi 15 detik dengan tempo waktu penayangan selama 24 jam.

- Sorotan :Jika fitur Story hanya tampil di beranda dan waktu penayangannya cukup singkat, gunakan fitur Sorotan untuk menampilkan Story di halaman Profil dengan waktu penayangan lebih dari 24 jam.

- Menandai Kiriman : Tandai beberapa orang dalam kiriman kamu, agar lebih tepat sasaran menentukan target pasar.

2. Selebgram.

Bila jumlah followers aktif kamu sudah diatas angka lebih dari 1 juta followers, kamu sudah bisa dikatakan sebagai selebgram. Terlebih setiap kiriman kamu dipenuhi komentar dan suka dari para followers setia, tentunya akan menambah daya tarik bagi orang yang mau endorse atau promosi di akun kamu.

Tarif endorse bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung dari tingkat popularitas selebgram dan materi yang mau di endorse.

Jika materi yang akan di endorse hanya menggunakan satu gambar saja, dengan durasi waktu penayangan yang tidak lama, tarif yang di pasang selebgram biasanya tidak terlalu mahal.

Tapi jika materi endorse menggunakan video dan yang ada dalam video itu si selebgram, tentunya tarif endorse akan lebih mahal.

3. Jualan Akun Instagram.

Memiliki banyak followers Instagram selain bisa dimanfaatkan untuk usaha online shop dan menjadi seorang selebgram, bisa juga diperjual belikan.

Umumnya orang yang membeli akun Instagram dengan pesanan followers tertentu, untuk menunjang kebutuhan bisnisnya. Ada yang untuk kebutuhan jualan online, selebgram, organisasi dan menunjang kegiatan usaha online lainnya.

Harga akun Instagram yang diperjual belikan ditentukan dari berapa banyak jumlah followersnya, jenis kelamin, usia, daerah dan tingkat kesulitan lainnya yang di request pihak pembeli.

Namun jangan selalu berpatokan dengan banyaknya jumlah followers, meskipun followers kamu sedikit tapi tepat sasaran dengan kebutuhan usaha kamu, itu sudah jadi poin penting untuk bisa menghasilkan uang di Instagram.

Semoga bermanfaat.

Blog : Catatan Bang Tigor