Mohon tunggu...
Tian Lustiana
Tian Lustiana Mohon Tunggu... Lifestyle & Parenting Blogger

Lifestyle & parenting blogger

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

JNE Kopiwriting: Inilah Strategi untuk UMKM Supaya Bisa Tembus Pasar Internasional

18 Juli 2019   23:12 Diperbarui: 21 Juli 2019   14:21 0 0 0 Mohon Tunggu...
JNE Kopiwriting: Inilah Strategi untuk UMKM Supaya Bisa Tembus Pasar Internasional
Foto pribadi

Sekarang tuh lagi happening banget UMKM local brand, iya kan? Menurut saya sendiri sih memang sekarang tuh UMKM sedang menjamur dimana -- mana. Banyak sekali produk local yang kualitasnya bagus itu memang produksi nya Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Artinya apa tuh? Ya artinya bahwa jelas sudah UMKM ini peranannya tuh lumayan cukup besar sebagai penggerak roda ekonomi Indonesia.

Bahkan diungkapkan oleh Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumindo), bahwa kontribusi UMKM pada PDB (Produk Domestik Bruto) nasional itu akan terus tumbuh sampai 5% ditahun ini. 

Tahun 2018 itu capaiannya sekitar 60,34% , jadi bisa kebayang kan ya berapa perkiraan jika tahun ini bisa melonjak mencapai 65%? Adalah sekitaran 2.395,5 T loh, huaaa nominal yang lumayan kan? Jadi memang pesona dan kontribusi nya para pelaku UMKM ini emang gak bisa dianggap sebelah mata ya.

Ternyata, kota Kembang tercinta ini tuh terkenal sebagai kota yang pelaku UMKM nya paling tinggi loh. Iya iyalah Bandung gitu loh. Menurut data ada 300 ribuan pelaku UMKM di Bandung loh, dan insya Allah Marwah Style termasuk yaaaa, aamiin. Produk -- produk yang diproduksinya tuh adalah pure hasil industry kreatif, yang mana diantaranya adalah :

  • Produk fashion
  • Kecantikan
  • Kerajinantangan (craft)
  • Sampai aneka makanan dan juga minuman

Semua produk itu tuh banyak sekali peminatnya loh, bukan hanya pangsa pasar Nasional namun juga global. Keren sekali bukan?

Makanya UMKM itu layak sekali mendapatkan perhatian lebih, dan memang seharusnya diperhatikan juga nih gimana caranya supaya UMKM harus terus bisa berkembang dalam negeri dan luar negeri. 

Gak sedikit loh para pelaku UMKM yang hanya memasarkan produk awalnya secara konvensional alias jualan offline sekarang perlahan mengikuti arus digital dengan turut memasarkan produk -- produknya secara online, bahkan bisa langsung nimbus pasar internasional loh. 

Untuk bisa nimbus pasar Internasional pada era ini tuh tentu saja butuh kontribusi lebih dari Pemerintah dan instansi yang terkait, biar lebih oke lagi pengembangan pemasarannya, betul tidak?

Foto pribadi
Foto pribadi
"Menentukan Strategi yang Tepat di Pasar Internasional bagi UMKM"

Mungkin karena alasan inilah, bentuk dukungan untuk pertumbuhan UMKM maka JNE bersama Kompasiana tadi sore, Kamis 18 Juli 2019 berlokasi di Caf One Eighty menggelar JNE Kopiwriting yang temanya bikin saya tertarik. Temanya pas banget untuk saya yang sedang memikirkan gimana nih caranya supaya produksinya Marwah Style ini bisa tembus Pasar Internasional.

Bandung menjadi kota pertama kegiatan JNE Kopiwriting ini loh dan selanjutnya akan diadakan di enam kota besar lainnya seperti Padang, Banjarmasin, Malang, Yogyakarta dan Cirebon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3