Mohon tunggu...
Karinka Ngabito
Karinka Ngabito Mohon Tunggu... Just an ordinary crafty mompreneur, raising an extraordinary artsy daughter

Tentang gaya hidup kreatif, makanan dan kehidupan ibu. “working hard for something we don’t care about is called stress, working hard for something we love is called passion” [unknown].

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Katering Anak, Solusi Praktis bagi Ibu Sibuk

27 November 2020   17:05 Diperbarui: 27 November 2020   17:20 15 4 0 Mohon Tunggu...

Duduk di meja makan bersama keluarga sambil menikmati hidangan makanan, mengobrol santai dan merasakan keakraban antar anggota keluarga adalah salah satu momen yang berharga.  Tentunya kita sebagai ibu sudah siap menyiapkan menu sehat bergizi utuk seluruh anggota keluarga, khususnya untuk anak-anaknya tersayang.

Anak-anak membutuhkan asupan gizi yang cukup setiap harinya agar bisa beraktivitas dengan baik sesuai perkembangan tubuhnya. Seringkali anak hanya mau makanan yang itu-itu saja dan susah apabila disuruh makan sayur atau buah.

Kita pun kadang menjadi bingung untuk menyusun menu yang sehat, variatif serta bergizi.  Tentunya bagi setiap ibu, makanan rumah adalah yang terbaik sebagai hidangan untuk keluarganya karena kita mengetahui kualitas dan keamanan yang terkandung dalam bahan-bahan masakan rumahan serta terjaga higienisnya.

Bagi ibu pekerja atau yang kurang suka memasak tentunya hal ini menjadi kendala tersendiri. Dengan segudang kesibukan terkadang urusan dapur agak terbengkalai sehingga waktu untuk menyiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga pastinya akan menguras energi tersendiri, apalagi kalau setiap anggota mempunyai selera makan masing-masing.

Walaupun dengan segudang aktivitas, semua ibu pasti tetap akan melakukan yang terbaik untuk keluarganya. Semua ibu akan selalu berusaha menyiapkan hidangan terbaik untuk anaknya agar gizi anak tercukupi. Apalagi menyiapkan bekal makanan untuk dibawa ke sekolah, terkadang membuat kita terburu-terburu di pagi hari karena dibarengi dengan kegiatan pagi lainnya.  Tradisi menyiapkan bekal di pagi hari memang menjadi keterbatasan sendiri, khususnya bagi ibu pekerja.

Kini banyak jasa katering yang menyediakan menu anak yang sehat, variatif dan bergizi sehingga kita tak perlu bingung lagi menyusun menu apalagi memasak berbagai macam menu.  Anak pun tak akan bosan karena menu yang berbeda-beda tiap harinya.  Kemudahan ini bisa menjadi solusi yang baik untuk ibu pekerja atau yang kurang suka memasak. 

Dengan menggunakan jasa katering anak, anak pun bisa belajar mengenal berbagai jenis masakan dari Indonesia maupun luar negeri.  Banyak jasa katering anak yang menyediakan berbagai menu makanan dengan penyajian makanan yang kreatif seperti bento nasi berisi daging dan sayuran dengan bentuk karakter-karakter lucu agar anak semakin tertarik untuk memakannya.

Banyak juga jasa katering yang menggunakan ahli gizi agar menu yang disediakan sesuai dengan angka kecukupan gizi anak.  Tentunya rasa dan harga setiap jasa katering bervariasi pula, kita tinggal memilih yang rasa yang cocok juga sesuai dengan budget keluarga.

Berikut beberapa tips untuk mencari jasa katering anak:

*Paket makanan*
Pilih paket berdasarkan kebutuhan keluarga atau menyesuaikan dengan kondisi kesehatan anak (misalnya alergi makanan tertentu).

*Kualitas dan kesegaran makanan*
Mencoba paket katering anak terlebih dahulu, misalnya selama seminggu, untuk mengetahui rasa makanan, kualitas dan kebersihan dari makanan tersebut.

*Menu variatif dan seimbang*
Biasanya jasa katering sudah menyiapkan menu selama seminggu atau sebulan lebih awal. Carilah menu yang menyediakan menu gizi seimbang antara karbohidrat, protein hewani, nabati dan sayuran. Dengan menu variatif dan gizi seimbang kesehatan anak bisa terjaga. Jasa katering yang baik seharusnya menawarkan menu yang bervariasi tiap harinya agar anak tidak bosan.

*Besarnya porsi makanan dan sesuai budget*
Dengan mencoba paket katering anak, kita dapat mengukur besarnya porsi yang disediakan oleh jasa katering. Tentunya memilih jasa katering anak juga harus sesuai budget.

*Bandingkan beberapa jasa katering anak*
Jangan lupa untuk mencari dan mencoba beberapa alternatif jasa katering anak agar bisa dibandingkan dari segi rasa, kebersihan dan harga.

*Tanyakan pendapat anak*
Terakhir, jangan lupa tanyakan pendapat anak ya. Kadangkali mereka tidak suka makanan tertentu tetapi setelah mencoba makanan katering malah ketagihan.

Dengan menggunakan jasa katering anak, anak senang dan ibu pun akan tetap waras. Tidak lagi keteteran menyediakan makanan rumahan yang baik bagi keluarga. Katering anak adalah solusi praktis bagi kita, para ibu, dalam menyiapkan hidangan yang sehat, variatif dan bergizi bagi keluarga.  Nikmati kebersamaan bersama buah hati menikmati hidangan makanan tanpa harus pusing memikirkan urusan dapur. (karinka ngabito)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x