Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Seorang bapak dengan satu anak remaja.

Travel and Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 & 2019 I Netizen MPR 2018

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Cara Meningkatkan Motivasi Kinerja Karyawan

30 Juni 2021   22:59 Diperbarui: 30 Juni 2021   23:49 103 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Meningkatkan Motivasi Kinerja Karyawan
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Seorang karyawan (baju oranye) tempat wisata Taman Air Tirta Gangga Karangasem Bali, bersemangat memandu pengunjung untuk berwisata air dengan menggunakan perahu (Sumber: dokumen pribadi)

 Bekerja adalah sebuah keharusan bagi setiap orang. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pemasukan keuangan. Seperti, 1) membuka lapangan kerja (pengusaha) atau 2) menjadi karyawan. Menjadi karyawan telah dilakukan banyak orang, karena cara tersebut dianggap minim risiko. Namun, menjadi karyawan bukanlah cara terbaik, karena kapan pun bisa hengkang atau dipecat karena berbagai alasan. Seperti, yang terjadi saat Pandemi Coid-19 melanda hampir seluruh dunia.

Di sisi lain, seorang pengusaha (owner) pun ingin berada di titik aman. Dengan kata lain, para karyawan bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab. Atas kesadaran sendiri, karena apa yang mereka lakukan sudah menjadi job desk-nya. Memang, ada cara-cara menarik yang bisa dilakukan owner untuk memotivasi kinerja karyawan. Apa saja yang harus dilakukan karyawan? Setidaknya, ada 5 cara menarik yang harus diberikan pengusaha kepada karyawannya. Yuk, baca sampai tuntas.

AKTUALISASI DIRI

Hal pertama yang diinginkan banyak karyawan dalam pekerjaan adalah mereka mampu mengembangkan diri. Bahkan, banyak orang yang bersemangat untuk menjadi karyawan karena ada tantangan yang ingin dicapai. Kondisi inilah yang harus diberikan pengusaha kepada karyawannya.

Karyawan bekerja agar mereka semakin percaya diri. Karyawan makin terampil dengan apa yang mereka kerjakan di perusahaan. Mereka semakin bersemangat, jika mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Banyak anak muda yang bekerja di perusahaan rintissan (start-up). Mereka ingin membuktikan keilmuan dan keahlian yang mereka dapatkan di bangku kuliah. Mampu diterapkan dengan baik di tempat mereka bekerja.

Saya pribadi saat menjadi karyawan di perusahaan distribusi bertujuan agar mampu mengembangkan keahlian dan pengalaman saya. Saya yakin bahwa pengalaman saya mampu berguna untuk mengembangkan perusahaan, tempat saya bekerja.  

PENGHARGAAN

Kemarin, saya sempat menyaksikan tetangga kost, seorang mekanik sepeda motor. Dia mendapatkan jasa servis setiap hari di kost-nya. Ketika, dia sedang asik servis sepeda motor, teman sesama mekanik mampir di tempat dia bekerja. Tetangga bercerita kepada saya bahwa temannya juga seorang mekanik handal. Dia dipercaya bosnya untuk servis berbagai sepeda motor. Tetapi, teman tetangga tersebut ternyata berhenti kerja. Usut punya usut, bosnya tidak menghargai kinerjanya.

Ilustrasi nyata tersebut benar-benar menjadi perhatian besar bagi para owner yang mempekerjakan karyawan. Karyawan akan merasa tersanjung, jika hasil kerja dan reputasi mereka diapresiasi atau dihargai. Bisa dengan memberikan kenaikan gaji, jabatan atau reward yang lain. Seperti, mendapatkan bonus diajak jalan-jalan ke luar negeri.

Lihatlah, betapa betahnya atau semangat karyawan saat mendapatkan penghargaan. Karyawan akan bekerja dengan setulus hati untuk kemajuan perusahaan, meskipun tanpa pengawasan yang ketat. Karena, karyawan sudah merasa perusahaan bagai rumah sendiri, tempat mereka mencari rejeki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x