Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Seorang bapak dengan satu anak remaja.

Travel & Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 & 2019 I Netizen MPR 2018 www.casmudiberbagi.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Artikel Utama

7 Cara Sehat yang Bisa Bikin Berat Badan Terjaga Selama Bulan Ramadan

23 April 2021   03:52 Diperbarui: 23 April 2021   21:00 810 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Cara Sehat yang Bisa Bikin Berat Badan Terjaga Selama Bulan Ramadan
Ilustrasi menimbang berat badan. Sumber: SHUTTERSTOCK via KOMPAS.COM

"Siapa sih yang ingin berat badannya terjaga di bulan Ramadan?"

Pasti, semua mengacungkan jari ya. Tentu, karena berat badan yang tetap terjaga menunjukan bahwa pola hidup sehat sudah menjadi kebiasaan anda. Tetapi, pada kenyataannya, untuk menjaga berat badan bukanlah hal yang mudah. Karena, membutuhkan keseriusan bagi orang yang benar-benar menginginkannya.

Lantas, dengan cara bagaimana, berat badan tetap terjaga selama bulan Ramadan. Setidaknya, ada 7 cara sehat yang bisa membuat berat badan anda tetap terjaga. Yuk, baca hingga tuntas.

MAKAN SEHAT, HINDARI MAKANAN BERLEMAK

Gulai dan gorengan merupakan salah satu makanan yang berlemak. Sungguh enak dinikmati saat berbuka puasa. Tetapi, di balik itu, kandungan lemak bisa menumpuk dalam tubuh tanpa anda sadari.

"Pokoknya enak banget pak Sushinya. Dijamin  ketagihan"

Kalimat bernada semangat dari teman saya. Ia menceritakan pengalamannya  saat mencicipi sebuah kuliner sehat di salah satu restoran langganannya. Dan, beberapa hari lalu, saya dan istri diajak teman tersebut untuk datang ke restoran yang sama di kawasan Denpasr. Saya betul-betul penasaran apa yang telah dikatakannya. Apakah, kuliner sushinya benar-benar maknyus ala (Alm) Bondan Winarno.

Saya dan istri serta 2 teman saya menuju ke lantai 2. Untuk mencari tempat yang dirasa asiik buat ngobrol. Tentu, agar menikmati kuliner yang pernah dijanjikan terasa makin seru. Kali ini, saya benar-benar ditraktir teman yang sepasang suami istri tersebut.

Mereka pesan beberapa kuliner langganannya. Berupa sushi yang bikin ketagihan, bakpao dan bola-bola isi ikan. Ketiga jenis kuliner tersebut memang berbeda bentuk. Namun, pada dasarnya mengandung bahan yang sama, yaitu ikan. Makanan yang dirancang ala kuliner Jepang tersebut, memang benar-benar nendang di lidah. Jujur, saya pun ketagihan.

Makanan sehat yang dipesan teman, belum bisa dikatakan asupan nutrisi seimbang (Sumber: dokumen pribadi)
Makanan sehat yang dipesan teman, belum bisa dikatakan asupan nutrisi seimbang (Sumber: dokumen pribadi)
Anda pasti tahu tentang kuliner khas Jepang, bukan? Rasa ikannya sangat dominan. Ini yang bisa membuat badan menjadi sehat dan pintar. Makan, satu porsi sushi terasa kenyang. Maklum, pembungkus sushi tersebut mengandung karbohidrat, yaitu nasi ketan. Makan sedikit saja, berasa kayak nonjok isi lambung, kekenyangan.

Kuliner yang disajikan restoran tersebut memang sehat. Namun, kandungan nutrisi seimbang belum tercapai karena belum ada sayurnya. Oleh sebab itu, perlunya makan sehat dengan nutrisi seimbang saat berpuasa. Agar, bisa membuat berat badan anda tetap terjaga. Asupan gizi yang cukup selama berpuasa membuat kondisi badan anda tetap bugar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN