Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Seorang bapak dengan satu anak remaja.

Travel and Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 & 2019 I Netizen MPR 2018

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Inilah 5 Skill Menarik yang Bisa Anda Pelajari di Bulan Ramadan

15 April 2021   09:41 Diperbarui: 15 April 2021   10:10 356 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah 5 Skill Menarik yang Bisa Anda Pelajari di Bulan Ramadan
Skill yang bisa dipelajari saat bulan Ramadan (Sumber: shutterstock)

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh hikmah. Pahala berlimpah dijanjikan oleh Allah SWT bagi yang berpuasa. Banyak orang alim bilang bahwa tidurnya orang berpuasa pun mendapatkan pahala. Namun, apakah waktu berpuasa anda akan dipenuhi dengan tidur seharian. Tentu tidak, bukan?

Bulan Ramadan menuntut bagi orang yang berpuasa untuk tetap produktif. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat target skill (kemampuan) yang bisa anda lakukan di bulan Ramadan. Lantas, skill apa yang bisa anda pelajari di bulan Ramadan yang penuh berkah ini.

Berikut skill yang bisa saya rekomendasikan, yang bisa anda lakukan di bulan Ramadan, yaitu:  

BELAJAR SENI BACA AL QUR'AN

Membaca Al Qur'an merupakan salah satu amalan yang mendatangkan pahala berlimpah. Saat bulan Ramadan, kita bisa mendengar lantunan ayat-ayat Al Qur'an di berbagai tempat ibadah. Bahkan, di beberapa media televisi dan online. Kita bisa mendengarkan lantunan ayat-ayat Al Qur'an yang menyejukan hati.

Mempelajari seni baca Al Qur'an sungguh menyenangkan (Sumber: shutterstock)
Mempelajari seni baca Al Qur'an sungguh menyenangkan (Sumber: shutterstock)
Lantunan ayat-ayat Al Qur'an tersebut akan semakin khas saat dibacakan oleh qari legenda macam H. Muammar ZA. Seni baca Al Qur'an membuat pendengar ingin mendalaminya. Nah, saat bulan Ramadan belajar seni baca Al Qur'an sangat tepat sekali. Bukan hanya menambah skill, tetapi anda bisa mendapatkan pahala yang berlimpah.

"Dari al Barra radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallhu 'alaihi wasallam bersabda: Hiasilah Al Qur'an dengan suaramu, karena sesungguhnya suara yang bagus akan menjadikan bacaan Al Qur'an bertambah bagus pula." (HR. Al Hakim).

Sebagai informasi, macam-macam seni baca Al Qur'an yang bisa anda dalami seperti 1) Bayati, 2) Shoba. 3) Hijaz, 4) Nihawand, 5) Rast. 6) Sika, dan 7) Jiharka. Anda bisa mempelajari seni baca Al Quran tersebut, baik secara konvensional yang diadakan di  masjid-masjid atau komunitas pengajian, dan lain-lain. Jika ingin mudah, anda bisa belajar seni baca Al Qur'an secara online melalui berbagai jejaring sosial atau kegiatan khusus seni baca Al Quran daring.  

PUBLIC SPEAKING

"Mempunyai skill presentasi, komunikasi dan public speaking yang baik"

Pernahkah anda membaca persyaratan sebuah lowongan kerja, yang mengharuskan mempunyai skill seperti di atas. Pasti sering, bukan? Apalagi, lowongan kerja bagi level manajer dan bagian Marketing Communication sangat diperlukan kecakapan tentang seni Public Speaking atau berbicara di depan umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x