Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Pernah mengenyam Pendidikan Administrasi Publik.

Gemar menulis dan berbagi informasi. Seorang Lifestyle & Travel Blogger. Trip Advisor : https://www.tripadvisor.com/members/casmudib Silahkan mampir di blog saya: http://www.casmudiberbagi.com/

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya

Esai Foto I OOTD Ngabuburit di Lapangan Puputan Badung dan Bukber di Masjid Al Qomar Denpasar

24 Mei 2019   05:36 Diperbarui: 24 Mei 2019   05:40 0 1 0 Mohon Tunggu...
Esai Foto I OOTD Ngabuburit di Lapangan Puputan Badung dan Bukber di Masjid Al Qomar Denpasar
Apa OOTD anda? (Sumber: dokumen pribadi)



Esai Foto atau foto yang bercerita merupakan rangkaian atau kumpulan   foto yang membahas berbagai aspek. Dengan kata lain, esai foto merupakan sebuah runtutan kejadian yang dipindahkan dalam beberapa foto. Serta, dilengkapi dengan tulisan yang bertujuan untuk melengkapi apa yang belum disampaikan dalam beberapa foto tersebut.

Nah, dalam tulisan ini, sesai foto yang dibahas mengenai Outfit Of The Day (OOTD). Apa tuh OOTD? Yang merupakan padanan kata untuk menunjukan apa yang anda pakai hari ini. Dan, biasanya orang-orang rajin posting OOTD dalam akun sosial media (sosmed) seperti instagram. Dan, OOTD ini akan menjadi happening alias jadi tren.

Bagaimana dengan OOTD saat "ngabuburit " alias menunggu waktu berbuka puasa? Kali ini saya menjepret beberapa momen tentang OOTD yang tertangkap kamera di Lapangan Puputan Badung Denpasar.

OOTD yang dipakai banyak orang lebih variatif. Untuk wanita berhijab dengan hijab model syar'i menjadi khas di foto ini. Biasanya OOTD model tersebut menurut saya adalah wanita yang sudah berkeluarga.

Sedangkan, untuk wanita yang masih singel, hijabnya lebih millenia. Yaitu, hijab dengan model modifikasi. Baik hijab maupun bawahan mempunyai warna yang cenderung warna gelap atau tua.
Beberaa wanita lain yang tertangkap kamera memperlihatkan sisi modisnya. Gaya kasual terlihat lebih santai. Namun, rata-rata wanita tersebut tidak memakai hijab. Dan, atasan, cenderung memakai kaos (t-shirt).

Kalau melihat para pria yang tertangkap kamera, lebih menunjukan OOTD yang kasual. Mereka rata-rata memakai atasan kaos (t-shit). Dan, bawahan celana model denim atau kain.
Kesan santai terlihat dari pria yang ada di foto. Mereka menunjukan bahwa jalan-jalan tidak perlu memakai OOTD yang terlalu formal. Berikut, OOTD yang ada di esai foto saat di Lapangan Puputan Badung Denpasar.      
 

Ngabuburit di Lapangan Puputan Badung Denpasar (Sumber: dokumen pribadi)
Ngabuburit di Lapangan Puputan Badung Denpasar (Sumber: dokumen pribadi)


Setelah merekam momen OOTD di Lapangan Puputan Badung, saya juga menyempatkan diri untuk menjepret beberapa OOTD yang ada di acara buka bersama (bukber) di Masjid Al Qomar. Masjid yang beralamat di jalan Pura Demak Denpasar ini selalu dipadati jamaah.

Ada   4 kriteria OOTD yang tertangkap kamera di esai foto ini yaitu anak laki-laki, anak perempuan, dewasa laki-laki dan dewasa perempuan. Untuk anak laki-laki, rerata memakai OOTD khas anak Taman Pendidkan Al Quran. Mereka memakai baju ala almarhum Ustad Jepfri (UJE).

Juga, mereka  memakai peci serta bawahan menggunakan kain sarung atau celana panjang dari bahan kain. Ada juga anak laki-laki yang memakai baju model terusan alias gamis. Dan m,emakai peci. Serta, ada juga anak laki-laki yang memakai kaos (t-shirt) dan bawahan berupa sarung.

Untuk anak perempuan yang tertangkap kamera di esai foto ini, mengenakan hijab motif bunga-bunga warna gelap. Mereka memakai baju muslim atau rok terusan. Ada juga yang memakai baju panjang dan celana panjang bahan kain. Rerata dari mereka memakai OOTD dengan warna berbeda antara atasan dan bawahan.

Ada juga anak perempuan yang memakai baju model syar'i. Rok terusan warna sama antara rok dan hijabnya. Warna OOTD yang dikenakannya pun warna muda yaitu pink.

Beralih ke laki-laki dewasa. Modelnya beragam. Ada yang mengenakan kemeja lengan pendek dengan warna muda. Dan, menggunakan celana panjang dari bahan kain. Ada juga yang memakai baju dari kaos (t-shirt) dan jaket lengan panjang.

Namun, OOTD yang paling menonjol adalah atasan dari kemeja dan bawahan memakai sarung. Tidak lupa memakai peci atau kopiah model haji. Warna-warna gelap mendominasi OOTD laki-laki dewasa.
Selanjutnya adalah wanita dewasa. Menarik. dari OOTD yang dipakai wanita di eai foto ini didominasi oleh gaya berpakaian model wanita muslimah syar'i. Hijab ada yang motif polos. Ada juga yang motif bunga. Bawahannya model rok terusan. Meskipun, ada wanita dewasa yang menggunakan model baju panjang dan celana panjang bahan kain.

Kebanyakan wanita dewasa ini memakai OOTD dengan warna gelap (tua). Meskipun, ada yang warna muda, tetapi warna gelap prosentasenya lebih banyak. Mungkin, mereka memahami usia mereka yang bukan anak ABG lagi,

Yang menarik lainnya adalah sandal yang dipakai mereka. Biasanya para wanita ingin tampil lebih seksi dengan model sandal high-heels. Namun, mereka lebih menyukai sandal model alas datar. Bahkan, banyak sandal model kasual yang mereka pakai. Berikut, momen OOTD yang terekam dalam esai foto.

Buka puasa di Masjid Al Qomar, jalan Pura Demak Denpasar (Sumber: dokumen pribadi)
Buka puasa di Masjid Al Qomar, jalan Pura Demak Denpasar (Sumber: dokumen pribadi)