Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Seorang bapak dengan satu anak remaja.

Travel and Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 dan 2019 I Netizen MPR 2018

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Ya Allah, Hamba Rindu Lailatul Qadar-Mu di Setiap Ramadan

12 Juni 2018   00:57 Diperbarui: 12 Juni 2018   01:00 1180 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berburu Malam Lailatul Qadar (Sumber: tribunnews/diolah)

Bagi saya bulan Ramadhan bagai wanita yang salihah dengan segala kelebihannya baik kecantikan fisiknya maupun tingkat hatinya selalu dekat dengan Allah SWT. Sebuah ilustrasi menarik tentang sosok wanita yang dirindukan oleh setiap pria manapun.  Anda akan mengejar cewek tersebut hingga menjadi kekasihnya. 

Bila perlu bisa menjadi istrinya yang akan membawanya anda ke surga.Dan, tidak ada bedanya dengan bulan Ramadhan, bulan yang agung dan penuh berkah. Banyak pahala yang bisa anda dapatkan selain ibadah puasa. Lantas, jika ada pertanyaan menarik seperti, "apa yang anda rindukan dari bulan Ramadhan?". Sebuah pertanyaan yang mampu membuka kesadaran dan kejujuran anda. Karena, dengan kejujuran tersebut maka bulan Ramadhan akan selalu membuat anda bagai menanti gadis cantik dengan ciri-ciri seperti di atas.   

Ramadhan Kariim (Sumber: sentramasjid.com)
Ramadhan Kariim (Sumber: sentramasjid.com)
Malam Lailatul Qadar merupakan malam di bulan Ramadhan yang paling istimewa. Hal ini dikarenakan pada malam Lailatul Qodar merupakan  malam diturunkannya Al-Quran. Seperti ada dalam Al-Qur'an yang artinya:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan." (QS. Al Qadar [97] : 1)

Setiap bulan Ramadhan datang, saya selalu merindukan akan datangnya malam Lailatul Qadar.  Malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Malam yang penuh agung dan barokah. Perlu diketahui bahwa mendapatkan malam Lailatul Qadar menjadi impian bagi umat Islam khususnya yang berpuasa atas dasar keimanan. Tidak mudah mendapatkan malam Lailatul Qadar tetapi dengan perjuangan yang kuat mampu diperolehnya. Seperti apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW:

"Barang siapa yang terjaga untuk mendapatkan malam lailatul qadar, kemudian benar-benar mendapatkannya, maka dia telah diampuni dosa sebelum dan sesudahnya," (HR. Ahmad)

Puasa adalah ibadah yang sangat rahasia. Pahala yang diperoleh setiap insan yang berpuasa hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui. Sama halnya dengan malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik dari 1000 bulan tersebut juga menjadi sangat rahasia.

Malam lailatul qadar, malam yang lebih baik dari 1000 bulan (Sumber: thebloodpoets.com)
Malam lailatul qadar, malam yang lebih baik dari 1000 bulan (Sumber: thebloodpoets.com)
Dengan kata lain, tak ada makhluk di dunia pun yang tahu betul kedatangan malam Lailatul Qadar. Tetapi, meskipun sangat rahasia, Rasulullah SAW memberika gambaran bahwa datangnya  malam Lailatul Qadar pada malam ganjil di 10 malam terakhir bulan Ramadhan. 

carilah-lailatul-qadar-pada-malam-ganjil-dari-sepuluh-malam-terakhir-di-bulan-ramadhan-5b1eb426ab12ae459c3a7442.jpg
carilah-lailatul-qadar-pada-malam-ganjil-dari-sepuluh-malam-terakhir-di-bulan-ramadhan-5b1eb426ab12ae459c3a7442.jpg
"Carilah lailatul qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan." (HR. Bukhari)

Secara garis besar, tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Udara atau angin pada malam itu terasa tenang. Tidak telalu dingin dan tidak pula terasa panas. Sebagaimana riwayat dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

screenshot pribadi
screenshot pribadi
Artinya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan