Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Seorang bapak dengan satu anak remaja.

Travel and Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 dan 2019 I Netizen MPR 2018

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tadarus Al-Qur'an dan Ngeblog di Malam Bulan Ramadan

9 Juni 2018   23:59 Diperbarui: 10 Juni 2018   00:36 1035 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah (Sumber: dokumen pribadi)

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang didalamnya penuh ampunan dan barokah menjadi harapan setiap umat Islam. Rasulullah SAW pernah bersabda yang isinya menyatakan bahwa andaikata umat manusia memahami betapa hebatnya bulan Ramadhan maka manusia akan mengharapkan sepanjang tahun dengan bulan Ramadhan.

Berlomba-lomba dalam kebaikan, amar ma'ruf nahi munkar menjadi kebiasaan saat bulan Ramadhan. Itulah sebabnya, sepanjang hari di bulan Ramadhan dipenuhi dengan amalan yang mengagumkan. Ada anggapan bahwa bulan Ramadhan adalah saat di mana setan-setan dibelenggu. Hal ini menunjukan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan terbaik untuk meninggalkan atau terhindar dari segala dosa. 

Saking bertaburnya pahala di bulan Ramadhan maka tidurnya orang berpuasa saja merupakan ibadah. Begitu hebat dan istimewanya bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Bahkan, Allah SWT sendiri yang akan memberikan ganjaran atau pahala kepada umat Islam yang menjalankan ibadah puasa dengan keimanan yang tinggi.

Dan, di bulan Ramadhan yang istimewa, setiap malam bertabur amalan para pencari pahala dan kebaikan. Sungguh, malam bulan Ramadhan berbeda dengan malam pada bulan-bulan yang lain. Setiap orang juga berkompetisi dalam mendulang pahala pada malam bulan Ramadhan. Banyak ragam yang bisa dilakukan pada malam bulan Ramadhan.

Tadarus Al-Qur'an

Seperti bulan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya, bulan Ramadhan kali ini, saya  juga berkeinginan untuk mendulang pahala. Salah satunya adalah membaca atau tadarus Al-Qur'an setiap malam di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan kali ini, saya berkomitmen untuk tadarus Al-Qur'an agar bisa mengkhatamkan sesuai waktu yang ditentukan. 

Tadarus Al-Qur'an merupakan salah satu ibadah yang mendulang banyak pahala. Tentunya, dilakukan dengan keikhlasan dan berharap ridho Allah SWT. Ada yang tadarus Al-Qur'an secara mandiri atau tadarus Al-Qur'an secara bareng-bareng (berkelompok).

Jika tadarus Al-Qur'an secara bersama-sama maka sebulan bisa mengkhatamkan Al-Qur'an berkali-kali. Tadarus Al-Qur'an bisa menjadi ajang untuk membenarkan cara pembacaan Al-Qur'an yang tidak sesuai dengan cara membaca Al-Qur'an yang baik.

 Di malam bulan Ramadhan, melakukan tadarus Al-Qur'an menjadi sebuah kewajiban. Saya sendiri mengisi malam bulan Ramadhan dengan tadarus Al-Qur'an secara mandiri. Benar-benar merasakan kesejukan yang luar biasa saat tadarus Al-Qur'an. Apalagi, jika bisa memahami tafsir Al-Qur'an maka anda seperti sedang membaca peristiwa sejarah alam jagat raya dan seisinya.  

Tadarus Al-Qur'an menjadi aktifitas wajib di malam bulan Ramadhan (Sumber: dokumen pribadi)
Tadarus Al-Qur'an menjadi aktifitas wajib di malam bulan Ramadhan (Sumber: dokumen pribadi)
Tadarus Al-Qur'an juga membuat anda semakin hafal tentang kemudahan membaca Al-Qur'an dan memahami isi yang terkandung di dalamnya. Saat anda memahami  arti dari ayat Al-Qu'an maka  anda tanpa terasa akan luluh hati dan mampu melehkan air mata. Anda benar-benar sedang memahami dunia yang ditampilkan kepada manusia oleh Allah SWT. Iqra bismirabbika ladzi halaq.

           

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan