Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Pernah mengenyam Pendidikan Administrasi Publik.

Gemar menulis dan berbagi informasi. Seorang Lifestyle & Travel Blogger. Trip Advisor : https://www.tripadvisor.com/members/casmudib Silahkan mampir di blog saya: http://www.casmudiberbagi.com/

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Kampung Gelgel, Kampung Islam Tertua di Pulau Bali

13 Juli 2015   11:11 Diperbarui: 13 Juli 2015   11:11 0 5 7 Mohon Tunggu...

Pulau Bali terkenal dengan agama mayoritas, Hindu. Namun, keberadaan para pemeluk agama Islam yang merupakan masyarakat minoritas bisa hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar. Masyarakat muslim Bali hidup di kampung-kampung Islam yang memberikan ciri khasnya. Lantas, di mana kampung Islam tertua di pulau BALI?

Di bulan Ramadhan kali ini, saya berkesempatan berkunjung dan menelusuri kampung Islam tertua di pulau Bali. Kampung Islam tertua di Bali dinamakan Kampung Gelgel. Kampung Islam dengan luas kurang lebih 8,5 hektar memberi petunjuk bahwa Islam telah menyebar di Pulau Bali sejak dulu.

Memasuki kampung Islam Gelgel jika dari arah selatan (Denpasar), kita akan melewati perempatan yang di tengah-tengahnya berdiri patung prajurit Kerajaan Gelgel tempo dulu. Dari perempatan tersebut, kita bisa langsung melihat menara masjid Nurul Huda yang terkenal di Kampung Gelgel.

 

Kondisi Kampung Gelgel tidak berbeda dengan kampung-kampung Islam lainnya di Indonesia. Kampung Gelgel terletak di Desa Gelgel Kabupaten Klungkung. Letaknya kurang lebih 60 kilo meter dari Ibukota Provinsi Bali Denpasar. Yang menarik di Kampung Gelgel adalah Kepala Desa yang sesuai dengan peraturan setempat harus beragama Islam. Nama-nama masyarakat Kampung Gelgel dulunya masih membawa nama-nama khas Bali seperti: Wayan, Made, Nyoman atau Ketut. Tetapi seiring perjalanan jaman, nama-nama Bali tidak dipakai lagi dan diganti nama-nama modern yang berbau Islami.

Kampung Gelgel memang memberikan nuansa yang khas. Kampung yang dihuni kurang lebih 1.000 warga alias 327 kepala keluarga ssangat harmonis dengan warga sekitar yang mayoritas beragama Hindu. Tetapi, perlu diketahui bahwa Kampung Islam Gelgel merupakan cikal bakal penyebaran Islam di pualu Bali yang meninggalkan jejak sejarah.

Jejak sejarah yang ada hingga kini adalah keberadaan Masjid Nurul Huda yang dibangun kurang lebih abad ke-14. Meskipun sudah berkali-kali di pugar, namun bentuk khasnya masih terlihat. Sebuah menara masjid yang ada di bagian kiri depan masjid masih berdiri gagah menjulang setinggi kurang lebih 17 meter. Masjid Nurul Huda menjadi pusat kegiatan keagamaan. Apalagi, pada hari-hari raya Islam atau bulan Ramadhan saat ini banyak diisi kegiatan yang bernafaskan Islami.

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x