Mohon tunggu...
Lidya Charolina
Lidya Charolina Mohon Tunggu...

Notepad dan blog adalah sahabat sejati saya. Gemar mengkritisi fenomena sosial dan menumpahkannya dengan menulis. Karena saya makhluk sosial, so please welcome let's create nice relationship.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Enlighten The Future - Proyek Sosial Pertukaran Pelajar AIESEC Brawijaya

27 Agustus 2014   06:44 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:25 304 0 0 Mohon Tunggu...
Enlighten The Future - Proyek Sosial Pertukaran Pelajar AIESEC Brawijaya
1409071316495843842

Enlighten The Future adalah sebuah proyek socio-children AIESEC BRAWIJAYA yang bertujuan untuk memberi pendidikan tambahan kepada anak-anak yang kurang beruntung di Indonesia, khususnya di Malang. Selain pendidikan, diharap

[caption id="attachment_355447" align="alignleft" width="300" caption="Project SOCIO CHILDREN AIESEC BRAWIJAYA"][/caption]

-kan proyek ini juga memberikan motivasi kepada anak-anak kurang beruntung sebagai dasar penting membangun masa depan yang lebih baik. Proyek ini melibatkan mahasiswa asing sebagai Peserta Program Pertukaran Sosial (Exchange Participant) dari berbagai negara melalui AIESEC dalam kurun waktu enam minggu selama proyek berlangsung. Tercatat 14 EP dari 8 negara berbeda, yakni Taiwan, Malaysia, Tunisia, Egypt, Poland, Germany, Portugal, dan Romania.  Kegiatan rutin dari proyek sosial ini antara lain;

1. Teaching Session

Kegiatan mengajar ini rutin dilaksanakan selama proyek berlangsung. Untuk saat ini, sudah ada 8 panti asuhan dan komunitas peduli anak yang menjadi sarana mengajar. Materi yang diajarkan dari Exchange Participant (EP) untuk anak-anak antara lain; pengenalan budaya masing-masing EP, bahasa Inggris, Matematika dasar, dan permainan menyenangkan lainnya.

2. Charity "Care To Share"

Kegiatan amal ini bertujuan untuk mengumpulkan donasi berupa uang yang nantinya akan didistrubusikan oleh panitia kepada 8 panti asuhan dan komunitas peduli anak yang bekerja sama dengan proyek ini. Kegiatan pundi amal ini dilaksanakan tepat Hari Minggu (24/08) di Car Free Day (Ijen). Selain panitia dan EP, kegiatan ini juga dibantu oleh komunitas Paypal serta anak didiknya.

3. Children Festival

Kegiatan ini adalah acara besar dalam proyek Enlighten The Future. Acara ini akan diramaikan dengan adanya kompetisi mewarnai kategori TK seluruh Kota Malang, penampilan talenta dari anak-anak panti asuhan, bazaar makanan sehat, pameran budaya dari negara masing-masing EP, serta pertunjukan yang dipersembahkan oleh beberapa komunitas unik di Malang, seperti komunitas Sulap dan Parkour.

Proyek ini diharapkan dapat memberikan gambaran positif kepada masyarakat khususnya di Malang, serta membawa nama baik Universitas Brawijaya yang disokong oleh AIESEC Brawijaya. Selain memberikan dampak positif pada lingkungan sosial, dari proyek ini juga memberikan pelajaran dan pengalaman khusus kepada para mahasiswa asing sebagai Exchange Participant(EP) mengenai budaya tradisional serta keunikan Indonesia khususnya kota yang memiliki julukan Kota Apel. (lid)

VIDEO PILIHAN