Mohon tunggu...
Carleen OliviaKurniawan
Carleen OliviaKurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

smiley

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 2022

6 Oktober 2022   00:52 Diperbarui: 6 Oktober 2022   00:57 34 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi hominisasi adalah suatu acara untuk meningkatkan kemampuan seperti public speaking, team work, time management, dan penggunaan Bahasa Indonesia yang tepat. Awalnya 4 hari sebelum acara dilaksanakan kami diberi tugas pra geladi hominisasi. Kami ditugaskan untuk yang pertama menyimak Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" 3 stanza lalu menjawab pertanyaan yang ditanyakan, kedua memilih satu film yang disediakan setelahnya direfleksikan setelahnya kami dibagi menjadi 7 orang setiap kelompok. 

Acara yang diadakan secara online, diawali dengan kata sambutan dari ketua geladi hominisasi dan diberi pengertian dari geladi hominisasi ini, setelahnya kami diminta untuk bergabung dengan kelompok masing-masing. Kelompok dibagi secara acak sehingga kami tidak mengenal satu sama lain, itu merupakan tantangan tersendiri bagaimana cara kami bekerja sama dengan baik walaupun belum saling mengenal. 

Dalam ruang tersebut, setiap kelompok berdiskusi membahas tema yang diberikan beberapa hari sebelumnya. Kami ditugaskan untuk mempresentasikan hasil dari diskusi kami dalam waktu 4 menit dengan cara yang menarik supaya pendengar tidak merasa bosan. 

Saat sedang presentasi atau menjadi pendengar kita harus tetap memfokuskan perhatian kita kepada orang lain sebagai wujud kita menghargai mereka. Cara penyampaian setiap kelompok berbeda-beda ada yang membuat podcast, debat, dan ada juga yang menyisipkan sedikit candaan atau pantun. Setelah acara selesai saya mendapat teman baru, pengetahuan, dan rasa percaya diri meningkat. 

Disini saya benar-benar diajarkan untuk dapat memanajemen waktu supaya sesuai dengan arahan yang diberikan, memberanikan diri menyampaikan pendapat pada orang yang belum terlalu dikenal, memunculkan ide kreatif untuk menyampaikan materi dengan cara yang unik, menyampaikan materi dengan menarik tanpa melupakan Bahasa Indonesia yang benar, menggunakan logika agar tetap di dalam materi, dan cara menghargai orang lain. 

Dengan menggunakan logika dan Bahasa Indonesia yang baik dan benar maka materi dapat tersampaikan sepenuhnya tanpa ada salah paham. Mengembangkan yang paling mendasar yaitu rasa empati, dengan empati kita dapat lebih mudah untuk membangun kemampuan lainnya. Terus mempelajari agar kemampuan meningkat karena dengan belajar dan mempraktekan kita akan semakin baik dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang sopan, dapat berpikir kritis, berempati kepada semua orang baik lebih tua atau lebih muda atau bahkan yang sepantaran dengan kita. 

Dari geladi hominisasi saya mendapat banyak sekali manfaat yang berguna untuk masa depan saya terutama untuk meningkatkan kualitas diri dan tetap belajar dalam bidang akademik ataupun non-akademik.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan