Mohon tunggu...
Carla Listiarini
Carla Listiarini Mohon Tunggu... Indonesia

Content Editor, Ordinary

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Memilih Platform Jualan Online

28 Maret 2020   23:36 Diperbarui: 29 Maret 2020   10:34 158 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memilih Platform Jualan Online
Ilustrasi diolah pribadi diolah pngtree.com

Dari situasi COVID19 ini, wabah ini dengan pasti memukul telak para pemain ritel offline. Penurunan pengunjung secara dratis bahkan kebijakan pihak Mall untuk menutup sementara waktu operasionalnya, tentu berpengaruh terhadap penjualan dan pendapatan. Tentu memulai berjualan online bisa menjadi salah satu cara bertahan di situasi seperti ini. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih platform sebagai channel sales online, website traffic, kemudahan penggunaan, kemudahan pendaftaran, dan dukungan lainnya dari platform bagi para merchant.  Di artikel saya kali ini, saya akan membahas salah satu platform yang bisa dijadikan salah satu pilihan untuk berjualan online, yaitu Blibli.com.

Satu kata yang menggambarkan pengalaman saya menggunakan back end dari Blibli adalah sederhana. Dari pengolahan produk, proses pesanan, settlement keuangan, hingga analisa penjualan semua mudah dipahami dan digunakan. Yang lebih penting lagi adalah fitur FBB(Fulfillment by Blibli), dalam dunia usaha tentu para pelaku usaha tidak asing dengan istilah konsiyasi. 

Namun, dalam konsinyasi kali ini pihak Blibli memberikan jasa penyimpanan dan bantuan operasional, sehingga para merchant(penjual) tak perlu repot mengurus operasional jualan online. 

Operasional yang dimaksud disini adalah pengepakan pesanan dan pengiriman. Merchant hanya perlu memantau stok, bahkan dari analisa FBB di MTA(Merchant Tool Application) akan terlihat produk mana yang fast moving, dan SKU mana yang terlihat tidak laku dipasaran. 

Selain itu, tidak seperti platform e-commerce lainnya yang mengenakan jasa re-packing pesanan ataupun biaya inventory, jasa FBB ini masih belum dikenakan biaya oleh pihak Blibli. Tentu hal ini menguntungkan para pelaku dan peminat jualan online, bukan? 

Anda hanya perlu mendaftarkan toko, upload produk, menyediakan dan memantau stok barang. Bahkan dikota tertentu, pihak Blibli menyediakan jasa penjemputan untuk produk yang akan dijual.

Ilustrasi diolah pribadi diolah 588ku.com
Ilustrasi diolah pribadi diolah 588ku.com
Fitur Analisa Penjualan juga tersedia untuk memberikan informasi penting bagi para pelaku usaha online. Para merchant mampu mengetahui merk dan jenis produk mana yang saat ini sedang banyak dicari didalam platform Blibli

Selain itu, informasi harga penjualan pun tercantum didalam fitur analisa penjualan ini. Dengan demikian penjual juga mampu mengetahui seberapa kompetitif harga produk yang ditawarkan dibandingkan dengan toko lainnya. Hal ini terjadi karena produk yang ditampilkan terintegrasi dalam suatu master data di platform Blibli

Dengan mengetahui informasi seperti ini, pelaku usaha online dapat mempertimbangkan dan memperbesar peluang usaha dengan memperluas keragaman produk yang dijual secara tepat sasaran. 

Ketika penjual meng-upload produk yang akan dijual, biasanya platform akan menawarkan data yang sudah pernah dibuat dari penjual lainnya. Tentu hal ini memudahkan pelaku usaha online, karena seller tidak perlu lagi memikirkan  foto produk, dimensi produk, berat, maupun penulisan deskripsi produk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN