Mohon tunggu...
Carissa Ola Aprilia Putri
Carissa Ola Aprilia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Kita tidak harus menunggu datangnya inspirasi, kita sendirilah yang menciptakannya. - Stephen King

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Peluang Ekonomi Digital dalam Metaverse

13 Januari 2022   13:31 Diperbarui: 31 Januari 2022   18:58 2103 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi aktivitas di metaverse. Sumber: Freepik.com

Pada perkembangan zaman masa kini, kemajuan teknologi menjadi sangat pesat. Berbagai aspek kehidupan manusia sudah banyak yang menggantungkan kepada teknologi, begitupun dengan perekonomian. Dalam hal ini, Metaverse berpeluang besar dalam industri Ekonomi Digital. Sebelum mengenal lebih jauh, kita harus mengetahui dahulu apa itu yang dimaksud dengan Metaverse?

Terdapat beberapa pengertian Metaverse menurut para ahli:

a. Metaverse menurut Meffi Bell

Metaverse adalah jaringan luas dari dunia virtual tiga dimensi yang bekerja secara realtime dan persisten serta mendukung kesinambungan identitas, objek, sejarah, pembayaran dan hak, yang mana dunia itu dialami secara serempak oleh jumlah pengguna yang tidak terbatas.

b. Metaverse menurut Mark Zuckerberg

Metaverse adalah seperangkat ruang virtual yang dapat diciptakan dan dijelajahi dengan orang lain yang tidak berada diruang fisik yang sama dengan anda.

c. Metaverse menurut Tim Sweeney

Metaverse adalah media sosial 3D yang dapat diakses secara realtime. Dengan menggunakan media tersebut, orang akan dapat membuat konten di dunia maya dan saling berbagi konten, para pemain juga memiliki kesempatan yang sama untuk mengubah keadaan sosial ekonomi di dunia maya tersebut.

Seperti apa Metaverse itu? Dunia virtual yang dimainkan menggunakan perangkat VR untuk berinteraksi dengan orang lain. Pada Metaverse dapat menampilkan dunia 3D yang bahkan bisa lebih konkret, didalam Metaverse siapapun dapat membangun dan menjadi apapun yang mereka inginkan diatas lahan yang mereka punya. Memang dalam Metaverse merupakan dunia maya, akan tetapi pengalaman yang diberikan didalamnya bersifat realtime dan permanen.

Ilustrasi Crypto. Sumber : digistore24.com
Ilustrasi Crypto. Sumber : digistore24.com
  • Cara menjalankan Ekonomi pada Metaverse.

Di dalam Metaverse kita dapat membeli, menjual, membangun serta menciptakan karya seni digital apapun dan mendapatkan sertifikat kepemilikan yang sah atas kepemilikan aset digital tersebut. 

Untuk membeli dan menjual aset aset tersebut, dalam hal ini Metaverse menggunakan teknologi Blockchain di mana mata uang crypto menjadi alat pembayaranya. Terdapat teknologi NFT yang diterapkan pada setiap aset yang anda punya dan akan memiliki nilai tersendiri, semua aset itu akan diubah menjadi NFT. Oleh karenanya aset anda dapat diperjual belikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan