Mohon tunggu...
Hewan Peliharaan (ACS)
Hewan Peliharaan (ACS) Mohon Tunggu... ojol

Tukang ojek online dan penulis recehan https://hewandankita.blogspot.com dan https://tiprambutsehat.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Tekuni Politik, Ibunda Jokowi dan Ibunda Sandiaga Punya Perbedaan Respon?

12 Februari 2019   23:23 Diperbarui: 12 Februari 2019   23:23 0 9 2 Mohon Tunggu...
Tekuni Politik, Ibunda Jokowi dan Ibunda Sandiaga Punya Perbedaan Respon?
Sumber pexels.com

Perasaan sayang orang tua kepada anaknya, mungkin sangat tepat diungkapkan dengan "Kasih Ibu sepanjang jalan (masa), kasih Anak sepanjang galah". Kalimat yang menjelaskan betapa perdulinya orang tua kepada anaknya ketika mengalami suatu hal yang tidak terungkap ke publik.

Dilansir dari laman Detik.com (11/02/2019). Saat Ibunda Sandiaga Uno, Mien Uno berada di Media Center Prabowo Subianto-Sandiaga, Jalan Sriwijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11.02/2019). Mien Uno sebagai ibunda cawapres nomor urut dua mengungkapkan kekesalan sekaligus kesedihan pada orang yang menuding Sandiaga melakukan sandiwara.

Mien Uno menyebutkan keinginan untuk berhadapan dengan mereka yang menuding tentang anaknya, dengan mengatakan pada mereka, bahwa yang terjadi dan dilakukan tersebut adalah benar terjadi. Sehingga, kalau ada orang yang mengatakan Sandiwara Uno, orang tersebut harus minta maaf kepada ibu yang melahirkan dan mendidik Sandiaga.

Menurut Ibunda Sandiaga, dirinya selalu mendidik Sandiaga sesuai dengan agama dan kearifan, sehingga sandiwara bukan tipikal Sandiaga. Mien Uno mengungkapkan perasaan sedihnya sebagai orang tua melihat keadaan yang menurutnya tidak benar.
*
Masyarakat Indonesia sebagian besar masih teringat, tudingan dan fitnah yang dialami oleh Sandiaga tidak hanya dialami sendirian. Bahkan mungkin lebih parah dari levelnya dibandingkan tudingan yang sedang dialami cawapres nomor urut dua.

Ibunda yang tinggal di Solo ketika mendengar tudingan hingga fitnah bahwa anaknya dikaitkan anak seorang PKI, identitas agama yang tidak sesuai fakta hingga tentang silsilah orang tua yang berasal dari keturunan tertentu.

Ibunda di Solo paham jadwal dan mengetahui sosok anaknya rajin mengaji, namun tudingan anti Islam dan anti-anti lainnya masih melekat pada sebagian masyarakat yang terpapar informasi yang salah dan tidak benar tersebut.

Sujiatmi, ibunda Jokowi ketika mendapatkan fitnah yang demikian dasyat, justru selalu menasehati Jokowi untuk tetap tegar dan memiliki pendirian yang kuat. Sebagai orang tua, Sujiatmi hanya memberikan pesan kepada Jokowi untuk tetap lurus dan tidak sombong.

Dalam wawancara eksklusif Hari Ibu, yang ditayangkan pada Senin (24/12/2018), Ibunda Jokowi memberikan sikap biasa saja atas tudingan tersebut.

"Saya biasa saja. Saya ditanya teman-teman, 'Sakit Bu?' 'Nggak, biarin.' Orang mau ngomong apa aja, yang penting Jokowi ndak itu, ndak yang dituduh-tuduhkan," kata Sudjiatmi.
**
Sebagai orang tua, bereaksi seperti yang ditunjukkan dari masing-masing Ibunda kedua tokoh dalam memberikan respon, mungkin bisa beragam dari pengalaman dan sudut pandang. Sikap orang tua yang membela anak akan dilakukan oleh ibunda-ibunda lainnya saat mendapat fitnah hingga tudingan yang dinilai tidak benar. Hal ini bukan tentang benar atau salah terhadap reaksi tersebut.

Apapun reaksi dari masing-masing Ibunda, mereka adalah sosok yang selama ini ikut merasakan kegundahan yang dirasakan tidak hanya sasaran targetnya yang tersakiti.

Namun sebagai orang tua, perlu menyikapi secara bijak dengan mempercayakan kepada kemampuan anak untuk digembleng kerasnya dunia politik. Hal ini tentu bukan berarti kita menyetujui beredarnya kabar bohong itu sendiri, karena dalam Undang-undang, hal tersebut jelas merupakan tindakan yang tidak dibenarkan.

Entah mengapa, ketika sosok orang tua hadir dalam dunia politik, terlintas orang tua lainnya saat melihat anaknya mengalami permasalahan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2